Tim Beregu Putra Pertahankan Medali Emas

 
KUALA LUMPUR - Indonesia berhasil mempertahankan medali emas bulutangkis beregu putra SEA Games 2017. Jonatan Christie dkk. berhasil mengalahkan Malaysia 3-0. Dalam pertandingan di Axiata Arena, Kamis (24/8) petang, Indonesia sudah unggul sejak partai pertama. Jonatan Christie berhasil menuai kemenangan atas Zulkarnain Iskandar dengan skor 21-18, 21-17.
Poin kedua Indonesia pada SEA Games 2017 disumbangkan ganda putra Alfian/Rian. Sempat kehilangan kemenangan pada gim kedua, Alfian/Rian menumbangkan ganda Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, dengan skor 21-12, 16-21, 21-14. 
Ihsan Maulana Mustofa menjadi pahlawan Indonesia. Ihsan menang atas Lee Zii Jia lewat laga yang relatif mudah 21-11, 21-11. Pada SEA Games 2015 di Singapura, Ihsan juga menjadi penentu kemenangan Indonesia saat menghadapi Thailand pada partai final.
"Saat tampil di lapangan, saya melihat situasi kalau lawan dalam kondisi lebih tegang. Saya jadi yakin kalau lawan dalam keadaan sulit," kata Ihsan. Dia mengakui bahwa performanya saat tampil pada nomor beregu lebih baik daripada sebelumnya.
"Bermain di nomor beregu, kepuasannya lebih tinggi karena saya tampil untuk negara dan tim," ujar Ihsan.Sejak awal gim pertama, Ihsan sudah menguasai jalannya pertandingan. Dia selalu unggul dalam perolehan poin atas Lee hingga gim ini berakhir. Namun, pada gim kedua, Lee berhasil mengejar ketinggalan.
"Tadi saya terlalu terburu buru ingin menyelesaikan pertandingan. Saat poin 20, saya lihat teman-teman sudah mau lari menghampiri. Poin terakhir sengaja saya siapkan supaya terasa dramatis karena saya sudah unggul cukup jauh," tutur Ihsan.
Sukses itu sekaligus membuat Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara SEA Games. Dua tahun lalu di Singapura, pasukan Merah Putih juga berhasil meraih medali emas. Sebagai runner-up, Malaysia berhak mendapatkan medali perak. 
Medali perunggu menjadi milik Singapura dan Thailand.  Cabang olahraga bulutangkis masih memperebutkan lima medali emas lain di nomor tunggal. Indonesia menurunkan wakil-wakilnya pada nomor tersebut.
Melalui hasil kemarin, tim bulu tangkis Indonesia sudah mengumpulkan satu medali emas dan satu medali perunggu. Medali perunggu didapat tim beregu putri, sedangkan Thailand keluar sebagai juara. Thailand mengalahkan Malaysia dengan 3-1 sehingga berhak atas medali emas. (dtc/bua)

Berita Lainnya :