Tim Estafet Putra Pecah Rekor Nasional


 
KUALA LUMPUR - Indonesia meraih medali perak dari nomor lari estafet putra 4x100 pada SEA Games 2017. Tapi, mereka berhasil memecahkan rekor nasional. Dalam perlombaan di Kuala Lumpur Sport City, Jumat (25/8/2017), Yaspi Boby dkk. mencatatkan waktu 39,05 detik. 
Torehan waktu itu masih kalah cepat dari tim Thailand yang membukukan waktu 38,90 detik. Adapun perunggu menjadi milik Filipina dengan catatan waktu 39,11 detik.
"Alhamdulillah, tim estafet telah berusaha sekuat mungkin dan mempersembahkan prestasi terbaiknya," kata Eni Nuraini, pelatih nasional estafet putra.
"Kendalanya memang sempat dialami Boby yang mengalami cedera betisnya sepulang dari Baku, Azerbaizan, beberapa waktu lalu, sehingga agak trauma. Meski begitu, teknik anak-anak jauh lebih baik berkat hasil pelatihan Harry Marra dan saya yakin akan lebih baik lagi ke depannya," harap mantan atlet renang era 1960-an itu.
Meski meraih perak, tim lari estafet berhasil memecahkan rekor nasional 39,13 detik yang didapatkan pada perlombaan lari estafet putra Asian Grand Prix di Taiwan dan China pada April 2017.
"Meski hasil ini melampaui rekornas yang sebelumnya 39.13 detik menjadi 39.05 detik, tetapi targetnya mereka (harusnya) bisa di bawah 39.00 detik," ujar Eni.
Selain tim estafet putra, cabang atletik juga meraih beberapa medali perak dari nomor lompat jauh Maria Natalia Londa, Aldul Hafiz di nomor lempatr lembing, dan medali perunggu dari Triyaningsih di nomor 5 ribu meter. (dtc/bua)