1.174 Kaum Difabel Terdaftar Dalam DPT


MALANG - Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari kalangan disabilitas pada Pemilu 17 April mendatang, sebanyak 1.174 pemilih.   Jumlah itu sebanyak 0,227 persen dari total DPT Kota Malang yang tercatat sejumlah 623.185 jiwa pemilih.
Dari jumlah itu, sebanyak 291 jiwa mengalami tuna daksa, 177 jiwa penyandang tuna netra, dan 130 jiwa lainnya penyandang tuna grahita. Lainnya sebanyak 576 jiwa. Komisioner KPU Kota Malang Divisi SDM dan Parmas Ashari Husen menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan banyak komunitas dan paguyuban disabilitas di Kota Malang.
Seperti paguyuban tuna netra (PERTUNI), paguyuban tuna rungu (Gerkatin), Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), Paguyuban Lentera Kasih dan sebagainya untuk mendata kaum disabilitas di Kota Malang yang memiliki hak memilih.
Ashari menjelaskan, dasar hukum kesamaan hak disabilitas dalam pemilu dijelaskan di pasal 5 Undang-uandang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu yang menyebutkan, penyandang disabilitas yang memenuhi syarat mempunyai kesempatan yang sama sebagai pemilih, peserta maupun penyelenggara pemilu.
"TPS diatur sedemikian rupa agar ramah disabilitas, dan petugas KPPS akan membantu warga disabilitas untuk memilih, bahkan mendatangi bila perlu," kata Ashari kepada Malang Post, kemarin.
Dijelaskannya, KPU Kota Malang juga akan berkoordinasi melakukan sosialisasi pada kaum disabilitas tentang tata cara memilih. Pria asal Sulawesi ini juga menginformasikan peserta-peserta pemilu, mulai dari calon DPRD Kota Malang, DPRD Provinsi Jatim, DPR RI dan DPD. Ashari juga menunjukkan warna masing-masing surat suara.
" Selama ini peserta antusias dengan sosialisasi yang diberikan KPU Kota Malang. Peserta aktif bertanya dalam forum, termasuk menanyakan bagaimana jika ada warga yang belum terdaftar menjadi pemilih. Kedepan dijadwalkan lagi sosialisasinya," pungkasnya. (ica/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :