Akhirnya Surat Suara Presiden dan DPD Tiba


BATU - Akhirnya kebutuhan logistik Pemilu 2019 di Kota Batu dipenuhi secara bertahap. Itu setelah Jumat (15/3) kemarin,  surat suara untuk pemilihan Presiden-Wakil Presiden RI  dan DPD RI tiba di kantor KPU Kota Batu.
Ketua KPU Kota Batu, Syaifudin Zuhri merinci,  jumlah surat suara yang tiba kemarin untuk Presiden dan Wakil Presiden RI sebanyak 79 box. Isinya sebanyak 157.923 lembar surat suara. Sedangkan untuk DPD RI sebanyak 316 box, isinya sebanyak 157.923lembar  surat suara.
"Dari total surat suara yang diterima memang ada kekurangan. Kekurangan tersebut sebanyak 376 surat suara dari total yang dibutuhkan 158.299 surat suara," jelas Syaifudin kepada Malang Post.
Diperkirakan kekurangan surat suara tersebut karena adanya perbedaan perhitungan. Namun sesegera mungkin pihaknya akan mengirim surat ke percetakan untuk memenuhi kekurangan jumlah surat suara tersebut.
"Untuk kekurangan secara menyuluruh kami masih akan hitung. Kemudian minta ganti. Baik surat suara yang rusak maupun yang kurang dari percetakan," bebernya.
Sementara untuk penyimpanan, diungkap Syaifudin,  pihaknya telah menyewa dua tempat tambahan plus satu gudang yang ada di kantor KPU Kota Batu. Dua tempat yang dimaksudnya yakni aula Kantor Desa Junrejo dan gudang Desa Junrejo.
Lebih lanjut dia mengurai, aula Kantor Desa Junrejo digunakan untuk penyimpanan logistik daerah pemilihan (dapil) Batu 1 dan Batu 2. Sementara gudang di Desa Junrejo sebagai tempat logistik dapil Batu 3, kantor KPU untuk dapil 4.
Sedangkan jumlah surat suara yang dibutuhkan dalam Pemilu 2019 sebanyak 791.495 surat suara untuk lima jenis pemilihan. Sementara untuk jumlah kotak suara 3.884 kotak transparan dengan jumlah dari 757 TPS.
"Pengamanan KPU akan melibatkan pihak kepolisian dan Linmas. Dengan masing-masing tempat dijaga selama 24 jam tiap lembaga satu petugas," tandasnya. (eri/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :