Banyak Surat Suara Rusak di Lima Kecamatan


MALANG - Kertas surat suara Pemilu 2019, ditemukan banyak yang rusak. Dari hasil sortir dan pelipatan yang dilakukan KPU Kabupaten Malang, sejak Kamis (7/3) lalu ada puluhan surat suara yang rusak. Padahal sortir baru dilakukan untuk lima kecamatan.
Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko dikonfirmasi membenarkan. Menurutnya dari lima kecamatan yang sedang berjalan untuk proses sortir dan pelipatan surat suara sampai Senin siang, ditemukan ada beberapa surat suara yang rusak.
“Dari lima kecamatan yang sudah proses sortir dan pelipatan, ada tiga kecamatan yang beberapa surat suaranya rusak," ujar Santoko. Yakni, di Kecamatan Pujon, Donomulyo dan Tirtoyudo. “Masih belum kami mintakan ganti,” ujarnya.
Ia beralasan masih fokus sortir dan pelipatan surat suara lainnya. “Nantinya berapa surat suara yang rusak, akan kami hitung setelah sortir dan pelipatan selesai semuanya,” jelas dia. Dikatakannya, sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2019, ditargetkan selesai dalam waktu 30 hari, sejak dimulai pada Kamis (7/3) lalu.
Pelipatan surat suara melibatkan 100 orang warga, di gudang KPU Jalan Raya Karangpandan, Pakisaji. Sampai kemarin, sortir dan pelipatan surat suara baru menyelesaikan lima kecamatan. Yakni Pujon, Donomulyo, Tirtoyudo, Kasembon serta Kalipare.
Sedikitnya ada 10 juta lembar surat suara yang harus disortir dan dilipat satu-persatu. Karena ada lima jenis surat suara. Yakni surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), DPD, DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Timur dan DPRD Kabupaten Malang.
Setiap jenis surat suara berjumlah sekitar 2 juta lembar. Disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Malang, serta ditambah dengan surat suara tambahan. Jumlah DPT sendiri untuk Pemilu 2019 sebanyak 1.996.857 jiwa. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :