Cari Solusi Atasi Banjir

MALANG - Anggota Komisi C DPRD Kota Malang, Didik Suprayitno, S.TP, M.Si mengajak semua elemen masyarakat Kota Malang  berpartisipasi dalam pembangunan. Sebab pembangunan merupakan tugas bersama. Hanya saja caranya yang berbeda-beda. Hal ini ditegaskan Didik saat menggelar dialog dalam rangka Reses III DPRD Kota Malang tahun 2018 di dapilnya, Lowokwaru, Kamis (20/12) malam. Warga antusias mengikuti dialog yang digelar politisi Nasdem itu.

Didik mengawali dialog dengan memaparkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dewan. Ia juga memaparkan kinerja DPRD Kota Malang sejak dilantik tiga bulan lalu. Dia melakukan hal itu sebagai bentuk tanggungjawab kepada publik.
“DPRD memiliki tiga tupoksi utama. Yakni legislasi untuk membahas perda, pengawasan dan penganggaran seperti pembahasan APBD dan APBD-P atau PAK APBD,” papar sekretaris Fraksi PPP-Nasdem ini.
Didik mengungkapkan, apapun yang dikerjakan anggota dewan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. "Oleh karena itu, saya sudah sering menyampaikan kepada masyarakat supaya meyampaikan aspirasinya kepada kami. Supaya bisa menemukan solusi," papar dia.
Beberapa waktu lalu, lanjut Didik, pihaknya menerima keluhan soal drainase yang tersumbat sehingga menyebabkan longsor tahun lalu. "Kami sudah melakukan tindakan. Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait dari Kota Malang dan Provinsi Jatim juga," paparnya.
Ia mengajak warga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai. Selain itu, juga menggerakkan warga kerja bakti rutin untuk membersihkan lingkungan. "Supaya tidak terjadi banjir lagi, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan menjai satu hal yang penting," papar dia.
Selain itu, ia juga mendengar keluhan masyarakat terkait jalan rusak. "Kami perlu peran aktif masyarakat untuk melaporkan titik mana saja ada jalan rusak. Kami juga memerlukan informasi kalau misalnya jalan rusak tersebut mengakibatkan kecelakaan," kata dia.
Kendati masa reses telah usai, ia tetap berharap terus menjalin komunikasi dan menyampaikan aspirasi. " Kami akan kawal sampai tuntas. Tentu sesuai skala prioritas dan kebutuhan masyarakat. Karena tujuan pembangunan untuk masyarakat,” tandasnya. (tea/van)

Berita Lainnya :