Di Kabupaten Hitung Ulang Suara Tiga TPS


MALANG - Penghitungan suara hasil Pemilu 2019 betul-betul butuh ketelitian. Di wilayah Kabupaten Malang, rekapitulasi suara tingkat kecamatan yang digelar mulai kemarin diwarnai penghitungan ulang surat suara.  Proses penghitungan pun berlangsung lama.
Sedikitnya ada tiga TPS yang harus hitung ulang surat suara. Yakni di TPS 11 Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, TPS 1 dan TPS 2 Desa Argosari, Kecamatan Jabung. Hitung ulang karena terjadi selisih jumlah suara.
Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Wahyudi, selisih suara terdapat pada jumlah perolehan suara yang melebihi jumlah pemilih pengguna suara. ”Ada mekanisme yang digunakan saat menemukan adanya selisih data. Yakni mencocokkan formulir C-1, baik C-1 hologram (TPS), C-1 yang dipegang saksi,  C-1 yang dibawa oleh Bawaslu, dengan plano C-1 TPS. Jika di plano C-1 TPS angkanya sama dengan milik saksi dan Bawaslu, maka  C-1 TPS diganti angkanya dengan dibumbui paraf,’’ jelas Wahyudi.
Mekanisme lainnya yakni jika di plano C-1 TPS juga tidak sama datanya, maka Bawaslu merekomendasikan untuk penghitungan ulang. ”Yang terjadi di tiga TPS itu, ada selisih data, dan Plano C-1 TPS datanya juga tidak sama,’’ ungkapnya.
Wahyudi, melakukan pemantauan di Kantor Kecamatan Jabung, tempat rekapitulasi surat suara digelar mengatakan, umumnya selisih data ini terjadi karena penghitungan suara ganda. Dia mencontohkan, pemilih mencoblos partai dengan salah satu caleg yang ada di partai tersebut, tapi dihitung dua. ”Hasil akhirnya, maka terjadi penggelembungan suara. Ini tidak boleh, harus dibetulkan,’’ jelas dia.
Penghitungan suara ulang itu sama seperti saat penghitungan suara di TPS, setelah pemungutan suara selesai. Masing-masing surat suara dibaca oleh petugas PPK. ”Karena dari situ masalahnya dapat diketahui,’’ tambah Wahyudi.  
Dia mengatakan, masing-masing TPS memiliki potensi terjadi kesalahan data.  Kesalahan penulisan data itu diakibatkan banyak faktor. Di antaranya, ketidaktahuan, SDM, serta kondisi fisik yang lelah. ”Tapi tidak semua penghitungan ulang. Jika cukup dengan membuka plano C-1 sudah oke, maka tak perlu penghitungan ulang,’’ tandasnya.
Seiring dengan penghitungan suara ulang, proses rekapitulasi pun berjalan sangat lama. Apalagi penghitungan dilakukan untuk masing-masing surat suara. Di Kecamatan Jabung, contohnya, rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan dibuka pukul 09.26 WIB. Namun sampai  pukul 17.00 WIB, rekapitulasi baru dilakukan untuk dua desa saja. Itupun, belum semua TPS surat suaranya dapat direkap.

Berita Terkait

Berita Lainnya :