Enam Kecamatan Terima Surat Suara


KEPANJEN – KPU Kabupaten Malang sudah memulai proses pendistribusian surat suara. Sampai kemarin, setidaknya sudah ada enam kecamatan yang menerima pengiriman surat suara. Setelah Pujon, Donomulyo, Kalipare, Kasembon danTirtoyudo, Ngantang sudah menerima pengiriman.
Santoko, Ketua KPU Kabupaten Malang menyebut pengiriman dilakukan karena proses sortir dan lipat kertas untuk enam kecamatan ini sudah finish. “Kami lakukan distribusi di kecamatan tersebut, karena memang sudah selesai,” ujar Santoko kepada wartawan kemarin.
KPU Kabupaten Malang mengejar batas akhir penyelesaian pelipatan dan sortir surat suara untuk Pemilu 17 April 2019. Pelipatan kertas suara, melibatkan tenaga pekerja sortir 100 orang. KPU Kabupaten Malang memasang target sortir dan pelipatan antara 250.000 sampai 500.000 kertas per hari.
Dia memakai sistem penyelesaian pelipatan per kecamatan. Begitu kertas suara sudah terlipat, KPU Kabupaten Malang langsung menghubungi Panwaslu dan Polres Malang. KPU Kabupaten Malang meminta dua institusi ini mengawal proses pengiriman surat suara.
“Kami pasang target 250.000 sampai 500.000 kertas yang terlipat serta tersortir tiap harinya,” kata Santoko. Selama satu bulan ke depan, petugas pelipat kertas, akan terus lembur untuk menyelesaikan target batas jatuh tempo yang sudah ditentukan.
Karena, setidaknya ada 10 juta surat suara yang wajib dilipat. Sampai saat ini, ada 114 surat suara yang ditemukan rusak oleh petugas sortir di gudang penyimpanan KPU di kawasan Pakisaji.
“Petugas sangat fokus melakukan pelipatan. Karena memang jumlahnya sangat banyak,” sambung Santoko. Sortiran dan pelipatan, fokus pada surat suara DPRD Kabupaten Malang, DPRD Provinsi Jatim, DPR RI dan DPD. (fin/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :