Klojen Final, Partai Berbagi Satu Kursi


MALANG – Kursi anggota DPRD Kota Malang asal Dapil Klojen bakal diwarnai muka-muka baru. Hal itu dipastikan, setelah rekapitulasi hasil Pemilu Dapil Klojen telah selesai dilakukan di tingkat Kota Malang, Jumat (3/5), di Hotel Hariss Kota Malang.
Hasil Pileg 2019 di kecamatan ini mencatat kemenangan ada pada Parpol PDI Perjuangan dengan perolehan suara sebanyak 10.912 suara. Disusul PKB sebanyak 7.908 suara, PKS dengan 7.046 suara.
Beberapa nama caleg yang memperoleh suara terbanyak di Dapil Klojen adalah dari PDI Perjuangan Iwan Mahendra, PKB diraih Arief Wahyudi, PKS diraih Bayu Reksa Aji, dari Nasdem adalah Gagah Soeryo Pamoekti, Gerindra diambil Rimzah dan Golkar dimenangkan oleh Arief Budiarso. Dari hasil ini, hanya Arief Budiarso, Caleg petahana yang akan kembali ke gedung dewan. Sedangkan, Arief Wahyudi sebelumnya juga pernah menjadi anggota DPRD Kota Malang.
Sementara itu sampai Pukul 18.30 WIB sore, penghitungan suara di kecamatan berikutnya yakni Kecamatan Sukun belum dimulai.
“Rekapitulasi tingkat kota dijadwalkan diadakan hingga besok (hari ini, red). Dengan estimasi tiap kecamatan kurang lebih 1 hingga 2 jam, diyakini rekap akan selesai sesuai jadwal di tingkat kota yakni hingga tanggal 5 Mei,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Zainudin.
Senentara itu, dalam penghitungan, hasil Pilpres 2019 di kecamatan Klojen ini menyatakan kemenangan pada Paslon 01 yakni Jokowi-Ma’ruf dengan perolehan 41.934 suara. Paslon 02 Prabowo-Sandiaga memperoleh 20.519 suara.
Saat rekapitulasi , satu kotak suara berisi rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kecamatan Blimbing belum sampai di KPU. Karena PPK Blimbing belum menyelesaikan finalisasi di tingkat kecamatan.
“Sebenarnya tidak ada kendala. Memang di Blimbing sudah selesai rekap, hanya saja belum finalisasi. Terakhir informasinya sudah tinggal tanda tangan saja,” ungkap Zainudin saat dikonfirmasi mengenai keterlambatan distribusi hasil rekap di Kecamatan Blimbing tersebut.
Selain itu juga, jumlah TPS di Kecamatan Blimbing memang tergolong terbanyak di Kota Malang, yakni sebanyak 508 TPS. Jumlah itu hampir sama dengan jumlah TPS di wilayah terluas di Kota Malang Kecamatan Kedungkandang, yakni 530 TPS.
Zainudin menjelaskan hal ini dapat dimaklumi dikarenakan TPS banyak dan juga petugas mengaku agak kesulitan dalam membuka seluruh kotak suara per TPS.
“Tapi kami yakin sudah sore ini sudah sampai disini kotak suara dan rekapnya,” ungkap alumnus ITN Malang ini. (ica/aim)

Berita Terkait