KPU Kabupaten, Tetapkan Daftar Pemilih Tambahan


KEPANJEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, mengumumkan jumlah daftar pemilih tambahan (DPTb). Total sebanyak 1.339 orang DPTb untuk Pemilu 2019. Tambahan pemilih tersebut disampaikan saat rapat pleno di gedung DPRD Kabupaten Malang.
Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Malang, Sofie Rachma Dewi, mengatakan 1.339 orang DPTb tersebut, terdiri dari 645 orang adalah pemilih laki-laki dan 694 orang pemilih perempuan. Semuanya DPTb tersebut tersebar di 24 kecamatan.
“1339 orang DPTb tersebut yang nantinya menyalurkan hak pilihnya di Kabupaten Malang. Sedangkan pemilih warga Kabupaten Malang yang menggunakan hak pilihnya di luar sebanyak 689 orang,” ujar Sofie, sapaannya.
Menurutnya, jumlah DPTb tersebut masih bisa terus bertambah. Mengingat KPU Kabupaten Malang, masih terus meningkatkan pelayanan pindah memilih untuk pemilih yang mau menyalurkan hak pilihnya di Kabupaten Malang.
Sebab batas pengurusan pindah memilih diperpanjang sampai 17 Maret mendatang. “Salah satu persyaratan untuk pindah memilih, yakni dengan mengurus formulir A5. Pengurusan bisa dilakukan di KPU Kabupaten Malang ataupun di KPU tempat asalnya tinggal," tuturnya.
Latar belakang dari DPTb, lanjut Sofie, sangat beragam. Selain mahasiswa, pengurus pindah memilih juga banyak dari kalangan pekerja. KPU juga masih akan memaksimalkan pindah memilih para santri yang belajar di pondok pesantren.
"Bagi santri yang tidak bisa pulang ke kampung halaman, bisa mengurus pindah A5 ke KPU Kabupaten Malang. Syaratnya sudah terdaftar DPT tempat asalnya," jelasnya. Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Muhammad Wahyudi menegaskan akan terus mengawal kepastian hak pilih masyarakat. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :