KPU Mulai Bagi Alat Kelengkapan Pemilu


KEPANJEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, mulai mendistribusikan alat kelengkapan pemungutan suara dalam Pemilu 2019. Semua alat kelengkapan kecuali surat suara dan formulir, didistribusikan ke masing-masing PPK.
“Alat kelengkapan Pemilu yang sudah terdistribusikan, semuanya akan disimpan di masing-masing gudang PPK. Baru pendistribusian ke PPS, menjelang pelaksanaan Pemilu," ungkap Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko kepada Malang Post.
Menurutnya, pendistribusian alat kelengkapan Pemilu, dibagikan mulai kemarin. Targetnya pendistribusian selesai sampai Minggu pertama bulan Maret. Pendistribusian alat kelengkapan, diambil oleh masing-masing PPK.
Ada delapan alat kelengkapan yang didistribusikan. Yaitu, gembok, tinta, karet pengikat surat suara, plastik ukuran besar, sedang, kecil serta pembungkus surat suara, alat coblos sepeti paku dan bantalan, tanda pengenal untuk petugas, alat tulis kantor serta sampul.
Sedangkan untuk kertas surat suara, lanjut Santoko, baru akan didistribusikan ke setiap PPK pada Minggu kedua bulan April. Sebab, mulai hari Rabu besok, KPU Kabupaten Malang baru akan melakukan sortir dan pelipatan surat suara.
“Proses sortir dan pelipatan surat suara, nantinya kami akan menggandeng pihak ketika yang profesional dan ahli serta cepat dalam pelipatan kertas surat suara," jelasnya. Ia menegaskan, semua surat suara sudah lengkap, kecuali untuk surat suara Pilpres. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :