KPU Seleksi 85 Pemohon Relawan Demokrasi


MALANG - Pendaftaran relawan demokrasi yang dibuka KPU Kota Malang, hingga kemarin masih belum maksimal. Sampai dengan ditutup pendaftaran Selasa (15/1), masuk sebanyak 85 berkas lamaran para relawan demokrasi yang diterima KPU.
Ketua KPU Kota Malang Zaenudin ST MAP menjelaskan, jumlah relawan demokrasi yang dibutuhkan sejumlah 55 orang mewakili keseluruhan basis pemilih. Ada ketentuan yang harus diperhatikan.
“Ketentuannya setiap basis pemilih terdiri dari minimal 5 orang relawan,”  Kata Zaenudin saat dikonfirmasi.
Dijelaskannya, dari ketentuan itu relawan demokrasi juga meliputi 11 basis pemilih yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marjinal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi itu sendiri.
Hanya saja, tambah Zaenudin, relawan demokrasi adalah subjek yang akan melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih. Maka, hanya ada 10 basis pemilih yang menjadi sasaran sosialisasi dan pendidikan pemilih nantinya. Tujuan perekrutan relawan demokrasi ini untuk meminimalisir angka Golput di Kota Malang.
"Jika hingga tanggal 15 pendaftar belum memenuhi kuota, maka kami akan memperpanjang hingga 17 Januari. Kemungkinan juga akan menjalin komunikasi dengan ormas dan organisasi kampus," tambahnya. (ica/iam)

Berita Terkait