KPU Tunggu 421 Ribu Surat Suara


MALANG - Akhir Maret, keseluruhan logistik yang ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang harus terdistribusi ke seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun hingga kini, KPU Kota Malang masih menunggu 421.000 surat suara yang belum datang dari KPU RI.
421.000 surat suara tersebut jumlah keseluruhan surat suara DPRD Kota Malang (Dapil I,II) , DPD, dan presiden. Kepala Gudang Logistik KPU Suyadi mengatakan, surat suara akan datang bulan ini. “Untuk surat suara Presiden dan DPD tidak tahu kapan datangnya, harusnya bulan ini.  Tapi untuk DPRD kota Dapil III, IV, dan V akan datang minggu depan,” ujar Suyadi.
Dijelaskannya, selama ini fokus surat suara yang dilipat KPU adalah surat suara untuk DPR RI. Total keseluruhan surat yang telah di lipat berkisar 100 ribu dari total keseluruhan yang berkisar 636 ribu surat suara untuk DPR RI. Pelipatan suara untuk DPR RI masih berjalan di bawah 20 persen.
“Kami fokus dulu untuk menyelesaikan surat suara DPRD Provinsi dalam pekan ini, disamping  itu  kita fokus melipat surat suara DPRD Dapil I dan II yang sudah datang Sabtu kemarin,” ujar pria yang akrab disapa Yadi ini.
Ditambahkannya, KPU akan terus mempercepat proses pelipatan. Dalam pelipatan surat suara DPRD Provinsi, sejak jumat kemarin KPU menambah tenaga pelipat suara. Semula jumlah pelipatnya 50 orang, kini jumlah pelipat ada 60 orang.
Selain itu, cara lain KPU untuk mempercepat proses pelipatan adalah dengan melakukannya di dua tempat. Selama ini dilakukan di gudang logistik KPU yang berada di Jalan Ciujung saja. Kemarin, juga dilakukan di kantor KPU yang berada di Jalan Bantaran.
“Pelipatan juga dilakukan di kantor KPU. Di sana nanti akan melipat surat suara untuk DPRD kota,” terang Yadi. KPU telah menyiapkan 40 orang pelipat di kantor KPU untuk sementara. Jika kurang, setelah melakukan evaluasi akan ditambah lagi.
Hingga sekarang logistik yang sudah siap adalah bantalan, alat tulis, gembok, sampul, dan surat suara untuk DPR Provinsi. “Semua itu sudah siap, kotak suara bahkan sudah didistribusikan. Intinya kami akan segera selesaikan semua logistik ini agar tepat waktu,” tutur Yadi. (mg2/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :