Kurang Separo Surat Suara, KPU Tunggu Hingga 14 Maret

MALANG - Separo surat suara dari jumlah yang dibutuhkan untuk coblosan pada Pemilu 17 April mendatang belum dikirim ke Malang Raya.
 Surat suara untuk calon legislatif mulai berdatangan, tapi untuk pilpres belum diterima KPU Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.  
Saat ini baru tiba 6.176.210 lembar surat suara dari kebutuhan KPU di Malang Raya sebanyak 14.177.245  surat suara. (detail baca grafis, Red)  Logistik pemilu yang sudah datang langsung dijaga ketat.  
Di Kota Batu, hingga kemarin,  baru menerima surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi Jatim serta kotak suara. Ketua KPU Kota Batu, Sayifudin Zuhri mengatakan, logistik Pemilu 2019 yang belum diterima yakni  surat suara pilpres, DPRD Kota Batu dan DPD RI. Mereka  masih menunggu hingga batas akhir 14 Maret mendatang.
"Sudah dilakukan proses sortir dan pelipatan. Dalam proses ini kami menemukan 419 surat suara rusak dari 11.6810 surat suara DPRD Provinsi Jatim,” jelas Syaifudin kepada Malang Post, Jumat (15/2).
Ia menjelaskan, 419 surat suara rusak itu ditemukan dalam proses sortir selama lima hari terakhir sejak Senin (11/2) lalu. Surat suara rusak ditemukan dalam 234 boks, masing-masing boks berisi 500 lembar surat suara. 
Syaifudin merinci jenis kerusakannya beragam. Di antaranya terdapat noda, kusut dan gambar yang buram atau memudar. Selain itu ada juga yang robek. Surat suara rusak akan dilaporkan ke KPU Pusat untuk diganti. Sedangkan yang rusak akan dimunsahkan dengan cara dibakar.
Sedangkan untuk kotak suara transparan dengan ukuran tinggi 60 cm dan lebar 40 cm ini pihaknya belum melakukan pemeriksaan.  "Rencananya akan periksa hari Senin (18/2) depan,"  tandasnya. 
Di Kabupaten Malang, logistik pemilu berupa surat suara untuk lima jenis coblosan juga belum lengkap. Sampai kemarin, terdapat  beberapa kekurangan yang cukup besar. Terutama, di surat suara Pilpres, DPD RI dan DPRD Kabupaten Malang.
Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko merinci, surat suara pilpres belum diterima sama sekali. Sementara, surat suara DPD RI kurang sekitar 700 ribuan. “Surat suara DPD yang sudah diterima 1,325 juta lembar, kurang 715.878 dari jumlah total 2.040.878 lembar,” kata Santoko dikonfirmasi Malang Post, Jumat siang.

Berita Terkait

Berita Lainnya :