Logistik 13 TPS Lapas Belum Terkirim


MALANG - Persiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menyongsong pelaksanaan Pemilu serentak, Rabu (17/4) mendatang sudah mencapai 98 persen. Beberapa kekurangan yang yang belum terpenuhi akan segera dikebut hingga H-1.
Sabtu (13/4), persiapan yang sedang dilakukan KPU menyiapkan surat suara tambahan yang baru tersedia untuk daftar pemilih tambahan (DPTb), dan beberapa surat suara yang ditemukan rusak. Jumlah surat suara berdasarkan data surat jalan yang diterima KPU berjumlah 17.372 surat suara.
“Sekarang logistik sudah di tangan panitia pemilihan kecamatan (PPK), nanti akan diteruskan ke kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di kelurahan,” kata Komisioner KPU Kota Malang, Ashari Husen saat ditemui Malang Post di Kantor KPU Kota Malang.
Sebelumnya, diketahui terdapat sekitar 10 ribu surat suara yang dibutuhkan untuk menutupi kekurangan surat suara rusak dan surat suara tambahan bagi masyarakat yang hingga tanggal 10 April lalu masih mengurusi hak pindah pilih A5. KPU memerlukan surat suara tambahan.
Disamping mempersiapkan surat suara yang baru datang, pihaknya akan terus memantau keseluruhan logistik yang telah tersebar di 5 kecamatan di Kota Malang.
“PPK masih melakukan setting sampul, form, dan surat suara. Mulai hari sabtu ini, dalam dua hari kedepan KPU pastikan logistik termasuk semua surat suara akan tersedia di TPS,” ungkapnya.
Ditambahkannya, persiapan yang belum dilakukan KPU adalah mengirim logistik ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas 1 Malang Lowokwaru dan Lapas Perempuan Klas IIA Malang. KPU akan menyediakan logistik di lapas sehari sebelum dilaksanakannya pemilu, yaitu Selasa (16/4). Sementara itu, yang sudah disiapkan adalah panitia TPS di Lapas. “Kami sudah melantik KPPS untuk 11 TPS di lapas dan 2 TPS untuk Lapas Perempuan Kelas IIA Malang,” terang Ashari.
Di rumah sakit juga KPU akan sediakan fasilitas pemungutan suara bagi pasien rumah sakit. ada tiga rumah sakit (RS) yang sudah berkoordinasi yaitu RS Saiful Anwar, RS Lavalette, dan RS Panti Nirmala. “Nanti teknisnya kelilling, kami mulai dari pukul 12.00,” tandasnya. (mg2/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :