Pengurus Baru, Caleg PKB Ikrar Anti Korupsi


MALANG - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kota Malang berganti pimpinan. Anggota DPRD Jatim, H. Fatchullah dikukuhkan menjadi ketua DPC PKB Kota Malang bersama Sekretaris Zaini Nashiruddin. Pengukuhan dilakukan di PP. Sabilurrosyad, Karangbesuki, Kota Malang, Selasa (25/12) malam kemarin.
Pra pengurus baru tersebut akan melakukan penugasan hingga 31 Desember 2019. Selain itu, 45 caleg PKB melakukan ikrar tidak korupsi. Sekretaris DPC PKB Kota Malang, “Kepengurusan ini akan berlaku selama satu tahun. Mereka akan menerima penugasan baru, termasuk untuk persiapan pemilu,” kata Sekretaris DPC PKB Kota Malang Zaini Nashiruddin kepada Malang Post.
Dijelaskannya, dalam struktur organisasi yang ada, masih melibatkan kader-kader terbaik yang dimiliki oleh PKB. “Ada yang merupakan pengurus lama (dari struktur organisasi sebelumnya) maupun nama baru (orang lama PKB). Jumlahnya sekitar 25 orang,” papar dia.
Selain melakukan pengukuhan, lanjut Zaini, 45 caleg membacakan ikrar kejujuran untuk tidak melakukan korupsi. “Ini merupakan hal yang paling penting. Apalagi, untuk Kota Malang, hal tersebut (ikrar tidak korupsi) merupakan permasalahan mendasar dan sangat penting,” ungkap dia.
Sementara, Ketua DPC PKB Kota Malang yang baru, H. Fatchullah menambahkan, di bawah komandonya, kali ini ia ingin membawa caleg supaya bisa dipercaya masyarakat. “Ini merupakan tahun reformasi dengan segala dinamikanya. Ada masyarakat yang percaya dan ada juga yang tidak,” papar dia.
Oleh karena itu, seluruh caleg yang ada diminta untuk benar-benar mengucapkan ikrar supaya tidak melakukan korupsi. “Kami meminta mereka membacakan ikrar tersebut dari hati nurani mereka. Sehingga, kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini bisa kembali,” beber dia.
Pria berkacamata tersebut menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan konsolidasi dengan pengurus DPC lainnya supaya taat kepada aturanorganisasi. “Saya sudah melakukan komunikasi dengan teman-teman yang ada di Malang,” beber dia.
Dalam acara itu, juga dilakukan acara Haul ke-9 Gus Dur yang menjadi deklarator PKB. Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin setiap bulan Desember dengan tahlilan dan kirim doa. Serta, juga menceritakan sejarah dan perjuangan Gus Dur mendirikan PKB.(tea/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :