Pleno KPU, Baru 28 PPK Setor Logistik Surat Suara


MALANG - Rekapitulasi hasil Pemilu tingkat kabupaten sudah mulai dilakukan sejak Rabu (1/5) . Pleno KPU tersebut dijadwalkan berlangsung sampai Sabtu (4/5) mendatang. Namun dari 33 PPK se-Kabupaten Malang, sampai siang , logistik surat suara yang masuk baru 28 kecamatan.
Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko, mengatakan 5 PPK, yang belum mengirim dokumen hasil penghitungan, karena masih menyelesaikan rekapitulasi tingkat kecamatan. Lima kecamatan tersebut adalah Dau, Singosari, Sumberpucung, Pakis dan Karangploso.
"Kabar terbaru yang kami terima, Dau sudah selesai. Kemudian Sumberpucung dan Karangploso sudah fase akhir penghitungan. Lalu, Pakis informasinya sudah mau meluncur ke sini (ruang Pleno KPU, red)," ungkap Santoko.
Sedangkan untuk Kecamatan Singosari, menurutnya, masih terus menyelesaikan rekapitulasi. Lamanya rekapitulasi di lima PPK tersebut, karena banyaknya TPS. Selain itu, adanya dinamika di lapangan yang secara regulasi harus dilaksanakan seperti penghitungan ulang. "Penghitungan ulang itu atas rekomendasi badan pengawasan Pemilu. Jadi besarnya pemilih dan proses penghitungan ulang yang membuat lama," ujarnya.
Namun demikian, ditegaskan Santoko, bahwa hal tersebut sama sekali tidak menjadi hambatan proses rekapitulasi tingkat kabupaten. Pleno KPU tetap dilakukan, dengan 28 kotak dokumen dari PPK yang sudah masuk. "Nantinya untuk lima PPK yang terlambat secara tidak langsung akan mengikuti. Apalagi, pelaksanaan Pleno KPU ini berlangsung sampai 4 Mei nanti," bebernya.
Teknis rekapitulasi tersebut, kata Santoko, ada dua opsi. Yakni menyelesaikan rekapitulasi per-Dapil (daerah pemilihan) atau sesuai abjad kecamatan. Dan proses rekapitulasi, dipastikan akan berlangsung sampai tengah malam. "Teknis yang memungkinkan penghitungan dilakukan berdasarkan abjad kecamatan. Dan penghitungan kami selama empat hari ini sangat cukup. Untuk waktunya kemungkinan sampai pukul 00.00, namun melihat situasi saat rekapitulasi nanti," paparnya.
Sementara itu, Unggul Nugroho, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, dalam rapat Pleno KPU, berharap pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Malang, bisa berjalan aman, lancar dan damai sampai proses rekapitulasi selesai. "Saat pemungutan lalu, kondisi aman dan nyaman. Apalagi saat penghitungan, saya yakin juga akan berjalan aman. Mewakili DPRD Kabupaten Malang, kami berharap setelah selesai Pemilu semuanya kembali bersatu dan bersama-sama membangun Kabupaten Malang," ungkap Unggul.
Terpisah, Kepala Kesbangpol Kabupaten Malang, Bachruddin, mewakili Wakil Bupati Malang, berharap setelah Pemilu kondisi wilayah yang kondusif dan aman tetap terjaga. "Menang dan kalah bukan tujuan akhir. Sebaliknya, kesejahteraan rakyat itulah yang menjadi tujuan utama," paparnya. (agp/udi)