PPK Mulai Lakukan Rekapitulasi Suara


MALANG – Berbagai upaya dilakukan PPK, agar rekapitulasi suara tingkat kecamatan di wilayahnya efisien dan berlangsung cepat. Salah satunya dilakukan di PPK Pakis. Dimana pihaknya membuka tiga ruangan untuk rekapitulasi suara. Satu ruangan untuk satu desa.
Komisioner PPK Pakis, Redi Pratikno mengatakan, dengan menyediakan tiga ruangan, maka rekapitulasi akan berjalan lebih cepat. ”Kami sudah menghitung waktunya. Sehingga dengan tiga ruangan maka selesai rekapitulasi lebih cepat dibandingkan hanya hanya dua tempat,’’ ungkapnya.
Bukan itu saja, untuk menghemat waktu rekapitulasi, PPK Pakis memilih penghitungan suara presiden dan wakil presiden dilakukan pertama dan serentak. ”Kalau biasanya penghitungan dilakukan masing-masing TPS, dengan masing-masing surat pilihan. Tapi disini, kami rekap dulu suara presiden secara keseluruhan pada tiga desa yang saat ini melakukan rekap, selanjutnya suara DPD, baru kemudian suara calon legeslatif,’’ tambahnya.
Fredi, begitu dia akrab dipanggil mengatakan, rekapitulasi suara dilakukan mulai pukul 08.00. ”Yang hari ini melakukan penghitungan, yaitu Desa Banjarejo, Desa Bunut Wetan, dan Desa Tirtomoyo,’’ katanya.
Fredi mengatakan semuanya berjalan lancar. Sejauh ini tidak ada TPS yang dilakukan penghitungan ulang. ”Tadi ada tidak cocok data, tapi bisa diselesaikan dengan Plano C-1, sehingga aman,’’ tandasnya.
Sementara itu, meskipun telah melakukan inovasi tapi faktanya proses rekapitulasi tetap berjalan lambat. Di Desa Banjarejo, contohnya. Sampai Pukul 13.00, rekapitulasi baru dilakukan di dua TPS. Selama rekapitulasi, baik PPK, PPS maupun saksi dan panwas semuanya sangat seirus. Dan saat ada ketidak cocokan data, maka langsung dilakukan perbaikan.
Sementara di PPK Jabung, petugas PPK memutuskan menambah satu ruangan untuk rekapitulasi, agar proses rekapitulasi berjalan lebih cepat. Sebelumnya, PPK Jabung membuka tiga ruang untuk rekapitulasi tambah satu menjadi tiga ruang. ”Berkaca pada rekapitulasi (Sabtu), maka kami putuskan menambah ruangan. Dengan begitu, kami berharap proses ini cepat selesai,’’ ungkap ketua PPK Jabung, Roni Wijaya.
Sementara itu, proses rekapitulasi suara ditingkat kecamatan betul-betul memakan waktu. Di Desa Argosari, Jabung yang pertama dilakukan rekapitulasi, prosesnya lebih dari 24 jam. Rekapitulasi di suara Desa Argosari dilakukan mulai Sabtu (20/4), mulai pukul 09.30 lalu. Dan seluruh suara selesai direkap pukul 12.30. ”Alhamdulillah, semuanya sudah selesai,’’ kata Ketua KPPS 08, Desa Argosari, Supriyadi. (ira/udi)

Berita Terkait