Prihatin Korupsi, Grace Sobek “Amplop” di Dewan


MALANG – Kehadiran Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie Louisa di Kota Malang dimanfaatkannya untuk menggelar aksi di gedung DPRD Kota Malang. Bersama dengan kader PSI, ia membawa amplop berwarna cokelat dan menyobeknya di gedung wakil rakyat.  Aksi  itu sebagai bentuk keprihatinan atas kasus korupsi yang menyeret hampir seluruh anggota DPRD Kota Malang tahun lalu.
Mengenakan baju berwarna merah, Grace beserta kader PSI menuju ke halaman gedung DPRD Kota Malang. Masing-masing dari mereka membawa sebuah amplop cokelat bertuliskan 'suap', 'sogok', 'uang pelicin', dan sebagainya. Amplop-amplop tersebut sebagai bentuk sindiran atas kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh sebagian besar anggota DPRD Kota Malang.
"Kami mengingatkan betapa buruknya akibat amplop coklat untuk demokrasi. PSI berniat untuk menghilangkan pengumpulan amplop coklat di DPR yang kemudian menggiring pada korupsi," tegas dia.
Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, beberapa waktu lalu, kasus tsunami politik terjadi di Kota Malang. Kasus tersebut mengakibatkan 41 dari 45 anggota DPRD Kota Malang ditangkap KPK karena terlibat korupsi. "Korupsi itu pencurian dan menghilangkan hak rakyat," terangnya.
Kejadian tersebut menurutnya menjadi perhatian khusus partai yang dipimpinnya. Pihaknya terus berupaya agar kadernya terhindar dari kasus korupsi. Salah satunya, dengan melakukan seleksi ketat terhadap pemilihan kader. "Tidak mungkin bisa memiliki wakil rakyat baik kalau seleksi tidak jelas. Di PSI transparan, seleksi independen, bahkan melibatkan masyarakat," ungkapnya.
Selain itu, pihaknya juga bakal menerapkan mekanisme wajib lapor bagi setiap kadernya. Mereka akan mendatangani pakta integritas untuk mempermudah partai mengawasi kinerja kadernya. "Nantinya, yang terpilih wajib laporkan ke pemimpin tiap hari, kinerja dan kerjaan setiap hari jadi anggota dewan. Poin mana yang harus ditelaah lebih lanjut. Dengan begitu dapat kronologi saat bahas aturan," jelas dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya :