23 Pelatih Tingkatkan Kualitas

 
JOGJAKARTA - Sebanyak 23 pelatih mengikuti kursus lisensi Pro tingkat Konfederasi Asia (AFC) yang diadakan di Jogjakarta pada Sabtu (14/4). Kegiatan yang baru sekali digelar di Indonesia ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelatih-pelatih untuk mengembangkan sepak bola dalam negeri.
"Dibilang sejarah ya ini baru pertama, tetapi ini harus kita anggap bukan sesuatu hal yang baru. Peserta merupakan mereka yang terbaik saat ini," kata Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.
Beberapa peserta yang terlibat memang tercatat sebagai pelatih ternama di Liga Indonesia. Sebut saja Djajang Nurjaman, Bambang Nurdiansyah, Aji Santoso, Wolfgang Pikal, Rudy Eka Priyambada, Joko Susilo, Liestiadi, Hanafi, Tony Ho, Emral Abus, Widodo C Putro, serta Rahmad Darmawan.
Ibarat gerbong kereta, para pelatih tersebut merupakan lokomotif. Mereka sebagai trigger, panutan, maupun energi bagi seluruh model pelatihan.
"Ini proses panjang yang akan sangat melelahkan, berkeringat, dan sulit. Selesai April tahun depan, kami harapkan melahirkan pelatih-pelatih yang sukses," harap Jokdri.
Tak sembarang pelatih bisa mengikuti kegiatan ini. Hanya nama-nama terpilih yang dianggap sudah melalui proses asissment dari PSSI.
"Sekarang kita mempunyai populasi pelatih itu, tahun depan belum tentu buka kelas," ujar Jokdri.
Sementara itu, Indra Sjafri yang juga ikut dalam agenda ini yakin bisa menyelesaikan berbagai proses pembelajaran hingga setahun ke depan. Setelahnya ia optimistis akan memiliki pengetahuan lebih baik soal kepemimpinan dan metode pelatihan di pentas sepak bola.
Setelah beberapa hari di Jogjakarta, para peserta kemudian bakal kembali ke klub masing-masing untuk mempelajari setidaknya tujuh modul yang sudah diberikan. Kemudian nantinya mereka akan mengikuti asistensi ke tim di Eropa seperti Real Madrid. (dho/JPC/bua)

Berita Terkait

Berita Lainnya :