Marc Klok Ngebet Dinaturalisasi


MAKASSAR - Gelandang PSM Makassar, Marc Klok, buka suara soal alasan ngebet dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dia mengaku jatuh cinta sejak pertama kali tiba di tanah air.
Saat ini, pemain asal Belanda tersebut sedang mengurus proses naturalisasi. Dia bahkan sudah lancar berbahasa Indonesia demi menunjukkan keseriusannya.
Pemain berposisi gelandang tersebut punya alasan kuat ingin menjadi WINI. Dia sudah cinta dengan Indonesia sejak datang pada 2017 lalu.
"Alasan utamanya yaitu karena saya suka negara ini. Sejak momen pertama kali saya tiba di Indonesia, masyarakat sangat welcome," ungkap Klok.
Klok juga menyebut dirinya akan sangat berguna bagi Timnas Indonesia. Apalagi, dia masih muda dan memiliki karir panjang ke depannya.
"Saya masih muda, 25 tahun, dan masih punya banyak waktu di negara ini. Jadi alasan utama saya untuk tetap berada di sini salah satunya adalah bisa jadi role model buat pemain muda," papar Klok.
"Saya ingin membuktikan apa yang bisa saya lakukan untuk negara ini. Dan, tentunya bagi pemain muda bisa mendapatkan pencapaian untuk mereka sendiri," kata Klok.
Klok juga tekun belajar Bahasa Indonesia. Bahkan, dia mengaku belajar di sebuah universitas untuk melancarkan berbahasa Indonesia.
Dalam beberapa bulan terakhir, Klok memang tengah mengurus proses naturalisasi menjadi WNI.
"Saya harus komunikasi dengan teman, pemain, pelatih, asisten pelatih dan orang lain. Tapi saya mau belajar yang cepat," ungkap Klok.
Pemain asal Belanda itu pun mengambil langkah dengan belajar di sebuah universitas untuk melancarkan komunikasi dengan Bahasa Indonesia. Perlahan tapi pasti, kini dia mulai mengerti detail soal Bahasa Indonesia.
"Saya pergi ke universitas untuk belajar dan sekarang saya bisa ditanya dan mengerti. Tapi kalau tanya harus pelan-pelan," tutup Klok.(jpc/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :