Persiwa Minta PSSI Nyatakan Persib Kalah WO


BANDUNG - Penundaan jadwal pertandingan Persib Bandung versus Persiwa Wamena masih terus berbuntut panjang. Tak langsung selesai dengan putusan PSSI yang menerima permohonan perubahan jadwal yang dikirim Persib.
Pasalnya, pihak Persiwa Wamena kini resmi mengirimkan surat protes kepada PSSI. Menurut pihak Persiwa, Persib seharusnya dihukum PSSI karena tak bisa menggelar laga sesuai jadwal. Bukan justru terus disetujui permohonan perubahan jadwal tersebut.
Persiwa telah menerima surat keputusan PSSI melalui surat bernomor 349/AGB49/II-2019 yang ditandatangani Sekretaris Jendra PSSI, Ratu Tisha Destria pada Sabtu (2/2) malam. Setelah mendapat informasi inilah pihak Persiwa akhirnya memutuskan untuk mengirim surat protes kepada PSSI. Persiwa mempertanyakan integritas PSSI yang membiarkan Persib melanggar regulasi.
‘’Begini, prinsipnya Persiwa siap bermain kapan saja, mau main sesuai jadwal tanggal 4, mau itu minggu depan. Tapi yang kita pertanyakan integritas PSSI, dengan dia membuat regulasi, apakah itu dijalankan sama PSSI,’’ kata manajer tim Persiwa, Borgo Pane.
Dalam surat bernomor 030/Persiwa/PI/II/2019 dengan tegas mereka menyebut kalau Persib telah melanggar regulasi. Karena Panpel Persib tidak bisa menggelar laga sesuai jadwal dan mengirim permohonan perubahan jadwal kurang dari 7 hari dari jadwal pertandingan sebelumnya.
‘’Di sini jelas Persib Bandung telah melanggar regulasi yang ditetapkan oleh PSSI, karena itu kami mengajukan surat keberatan untuk pertandingan ulang dan kami meminta PSSI dapat menjatuhkan hukuman kepada Persib Bandung karena gagal menyelenggarakan pertandingan dengan hukuman dinyatakan kalah Walk Out (WO) atau didiskualifikasi dari Piala Indonesia 2018,’’ demikian pernyataan Persiwa dalam surat resmi mereka ke PSSI.
Pernyataan Persiwa ini berpatokan kepada Regulasi Piala Indonesia Pasal 8 Ayat 6. Dalam pasal tersebut dinyatakan tuan rumah hanya bisa mengajukan permohonan pengunduran jadwal selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari pertandingan.
Wajar jika Persiwa akhirnya memprotes putusan PSSI yang kemudian menyetujui permohonan pemunduran jadwal dari Panpel Persib. Padahal permohonan tersebut dikirim Persib kepada PSSI pada Jumat (1/2) lalu. Atau hanya 3 hari sebelum pertandingan.
Persib seharusnya menjamu Persiwa dalam leg kedua babak 32 besar Piala Indonesia, Senin (4/2) ini. Namun, karena mereka tak mendapat rekomendasi kepolisian untuk gunakan Stadion GBLA, Panpel Persib pun meminta izin PSSI untuk menjadwal ulang. Pihak PSSI pun menyetujui permohonan Persib. Ini lah yang kemudian membuat Persiwa mengirim protes.(jpc/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :