Bisnis Party Planner Cukup Menjanjikan

 
MALANG - Bisnis party planner ternyata cukup menjanjikan di kota Malang. Salah satunya Ahesa Party Planner. Tidak pernah terpikirkan bagi Anita Yudi Jayanti, 29, salah satu pemiliknya bahwa bisnis ini berkembang cepat. Dia lantas mengajak kedua teman akrabnya bergabung. 
Yakni Hesti dan Sandra. Tepat tanggal 18 Oktober 2013, ia dan kedua temannya membentuk Ahesa Party Planner. “Kedua teman saya itu pernah kerja satu hotel dengan saya. Kami punya ketertarikan yang sama. Akhirnya terbentuklah party planner ini,” papar dia.
“Saat bekerja di hotel itulah, saya sempat diminta untuk buat dekor ulang tahun anak kecil. Temanya Film Cars,” tuturnya. Para pelanggan Anita, kebanyakan berlangganan mulai dari para customer yang hendak melakukan pernikahan. 
“Nah, dari situ, kita maintenance terus,” ungkapnya. Ketika melakukan desain untuk suatu dekorasi, Anita mengaku tidak mengalami kesulitan. Dikatakannya, dalam sebuah dekorasi dirinya mengaku memiliki ciri khas tertentu. 
“Dari penataan desain dan konsep, saya lakukan sendiri. Pada setiap desain, saya selalu gunakan bunga segar untuk keperluan dekorasi,” ujar dia. Lebih lanjut, ia juga menambahkan dalam menentukan konsep dan memasang dekorasi tidak membutuhkan waktu lama. 
Bagi Anita, selama konsep design yang dibuatnya langsung mendapat ACC dari costumer dan waktunya masih mumpuni, dia menerima permintaan dekor. “Beberapa waktu lalu, ada yang minta dekor dadakan. H-3 jam saya diminta untuk dekor ulang tahun,” ceritanya. 
“Saya langsung desain konsepnya dan disetujui. Tanpa buang waktu, saya langsung lakukan dekorasi. Pengerjaan dekorasi cukup 10 hingga 15 menit,” imbuh dia. Sedangkan untuk wedding dan prosesi adat lain, Anita juga mengaku tidak memerlukan waktu lama. 
“Kalau wedding, kita harus perhatikan detailnya. Biasanya saya dekor mulai pukul 22.00 hingga jam 05.00. Kalau lainnya hanya butuh waktu 2 hingga 3 jam saja,” tegasnya. Selain itu, dia juga mematok harga yang tidak merogoh kocek terlalu dalam. 
“Sekitar Rp 4,5 juta sudah lengkap segala kebutuhannya. Sedangkan untuk sweet corner, Rp 1,2 juta dan untuk birthday table setting mulai Rp 500.000. Customer tinggal tahu beres. Kalau memang budget minim, bisa disesuaikan,” tandas dia. (mg16/mar)

Berita Terkait