Tingkatkan Daya Saing Industri Kreatif


MALANG  – Perkembangan industri kreatif di Kota Malang terus bergerak. Berbagai usaha berbasis industri kreatif  banyak bermunculan yang diinisiasi anak-anak muda kreatif. Peluang industri inilah yang ditangkap BRI dan Malang Creative Fusion (MCF) untuk dapat terus ditingkatkan keberadaanya.
Para startup dibidang industri kreatif ini perlu terus diasah wawasan bisnisnya, BRI bersama MCF menggandeng para industri kreatif dalam workshop bisnis dengan tema “Design Thinking” dimulai pada Jumat (23/2) kemarin di Rumah Kreatif BUMN.
“Kami mengangkat tema Design Thinking, yang merupakan materi yang digunakan untuk mempelajari produk usaha yang telah dikeluarkan untuk membuat inovasi dari sebuah produk,” kata Widiya Dewi A, PIC Workshop Bisnis Program RKB 2018 kepada Malang Post.
Dijelaskannya, program workshop bisnis ini rangkaian workshop materi bisnis yang diadakan selama 4 bulan, dari awal Februari kemarin hingga akhir Mei. Ini kami tujukan untuk para pelaku industri kreatif di Malang dan juga untuk para entrepreneur yang akan memulai usahanya.
Widya mengungkapkan, kemarin merupakan pertemuan kedua dari serangkaian workshop yang telah diadakan. “Untuk pertemuan pertama kemarin pada tanggal 9 Februari, materinya merupakan Business Modal Canvas. Untuk kali ini, kami mengangkat tema Design Thinking, yang merupakan materi yang digunakan untuk mempelajari produk usaha yang telah dikeluarkan untuk membuat inovasi dari sebuah produk,” ungkap dosen Manajemen STIE Asia Malang ini.
Acara yang juga menggandeng instansi Rumah Kreatif BUMN ini, ungkap Widiya, dipenuhi antusiasme para pelaku entrepreneur dan industri usaha kreatif di Kota Malang. “Kuotanya dibatasi hanya sampai 20 orang saja, karena antusiasme masyarakat sangat besar dan juga tempatnya yang terbatas. Selain itu, kami juga tidak memungut biaya sehingga masyarakat pun tidak segan-segan untuk mendaftar dan mengikuti acara workshop bisnis ini,” ujar Widiya.
Ditambahkannya, workshop bisnis ini  salah satu serangkaian acara dari program RKB 2018. “Di dalam program RKB 2018 juga ada program Inkubasi Bisnis, yang pesertanya pelaku usaha UKM di Kota Malang yang kami jaring hingga 10 UKM saja. Di program ini, setiap UKM terikat komitmen dengan kami untuk menjadikan usahanya dikembangkan lebih baik dari sebelumnya,” tandasnya. (mg4/aim)

Berita Terkait