Ubah Konsep, Teras Komika Perluas Pasar


 
MALANG – Mengubah konsep bisnis, manajemen Komika Café mengganti nama menjadi Teras Komika. Perubahan konsep dan nama ini sekaligus untuk merangkul pasar yang lebih luas dibandingkan sebelumnya.
Creative Marketing Consultant Teras Komika, June Wendy, mengatakan, nama Komika Cafe sangat identik dengan tempat berkumpulnya komika (Julukan untuk pelaku stand-up komedi). “Dulunya Komika Cafe memang jadi tempat kumpul komunitas komika Kota Malang. Tapi beberapa bulan terakhir, mereka sudah tidak pernah ke sini. Karena itu kami ingin menghilangkan kesan bahwa Komika Cafe hanya untuk tempat berkumpulnya para komika, dengan mengubah nama menjadi Teras Komika,” ujarnya ketika ditemui Malang Post.
Dengan beralih ke nama baru, Teras Komika ingin memperkenalkan filosofi teras yang nyaman bagi pengunjung.
“Jadi, dengan nama baru ini kami memperkenalkan filosofi teras. Teras di rumah biasanya adalah tempat yang paling nyaman untuk nongkrong, jadi kami ingin pengunjung merasa nyaman dan menganggap Teras Komika sebagai rumah pagi pengunjung,” tambahnya.
Konsep awal Komika Cafe yang natural, suasana cafe yang tenang dipadukan dengan garden outdoornya masih dipertahankan hingga kini.
“Untuk konsep dan suasana cafe masih sama seperti saat menjadi Komika Cafe, hanya ditambahkan filosofi teras untuk membuat pengunjung semakin betah untuk berada disini,” jelas pria yang akrab disapa Wendy ini.
Selain memperkenalkan filosofi baru, Teras Komika juga akan meluncurkan inovasi menu baru untuk pengunjung.
“Jadi, rencananya kita minggu depan mau launching menu baru, yang digunakan sebagai inovasi dan langkah kita untuk terus memperbarui menu dan menjaga kualitas makanan dan rasa sehingga semakin banyak pengunjung yang akan datang ke Teras Komika,” tandasnya.
Menu baru tersebut berupa hampir seluruh variasi makanan dan minuman yang merupakan penambahan dari menu sebelumnya. Contohnya untuk beverage terdapat Blossom Fruit yaitu salah satu jenis squash dengan sirup Melon, Strawberry, dan jeruk dengan lapisan squash di atasnya, dengan dipatok harga Rp 20 ribu.   
Teras Komika juga mengadakan promo untuk memanjakan pengunjung Teras Komika dengan memberikan promo Happy Hour, yaitu diskon sebesar 10 persen.
“Diskon ini berlaku dari hari Senin-Jumat, pukul 11.00-17.00 untuk seluruh varian menu kecuali menu paket,” ujarnya singkat.
Segmen pasar yang dibidik oleh Teras Komika adalah middle range, khususnya bagi anak muda dan komunitas-komunitas yang ada di Kota Malang. 
“Jadi yang kami andalkan di sini adalah produk makanan kami, tempat yang tenang dan nyaman untuk pengunjung, serta harga yang terjangkau,” tambahnya.
Selain itu, Teras Komika juga banyak dijadikan venue untuk event-event yang ada di Kota Malang, terutama yang berhubungan di bidang edutainment.
“Jadi, untuk acara-acara yang diadakan di sini, kami utamakan untuk acara edutainment, seperti workshop dan juga sebagai working space. Selain itu, bisa juga menggelar acara meet n greet, musik, dan pameran yang bersifat entertainment,” jelas Wendy.
Ke depannya, diharapkan Teras Komika bisa lebih ramai dan menjadi jujukan tempat nongkrong tidak hanya untuk anak muda, tapi juga untuk semua kalangan.
“Ya harapannya, pengunjung bisa tambah ramai dan pengunjung setia kami bisa bertambah,” tambah Wendy. (mg4/nda)

Berita Terkait