Upgrade Kualitas dengan Pelatihan


MALANG - Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Malang Raya mulai bergerak untuk berinovasi. Seperi yang dilakukan oleh para pelaku UMKM yang tergabung dalam paguyuban UMKM Hasanah Malang Raya. Minggu (4/3), paguyuban mengadakan pelatihan kepada para anggotanya agar mampu bersaing di tengah digitalisasi.
Ketua Umum UMKM Hasanah Malang Raya, Suprapto Wongso Tani mengatakan, setiap satu pekan dua kali, pihaknya secara rutin memberikan pembekalan terhadap para anggotanya. Hal ini dilakukan untuk memberikan motivasi bagi para pelaku UMKM agar mampu mengikuti perkembangan zaman. “Setiap hari Kamis dan Minggu, kami mengadakan pelatihan khusus. Para anggota kami diberikan materi terkait digital merkting dan langsung mengadakan praktek,” terang dia ketika ditemui Malang Post.
Sekitar 20 anggota pelaku UMKM berkumpul di Warung Bebek Caping Gunung yang terletak di Ruko WOW Sawojajar. Materi yang akan diberikan adalah menentukan target pasar dan juga membuat instagram bisnis dan bagaimana cara memasarkan. “Para anggota yang ada di sini diajarkan untuk membuat Instagram bisnis. Kemudian, para anggota tersebut langsung praktek untuk membuat Instagram,” jelas dia.
Suprapto menuturkan, pelatihan tersebut dilakukan untuk menjawab tantangan zaman sekarang karena persaingan semakin ketat. Apalagi, munculnya berbagai brand milik artis ternama semakin menjamur di Malang Raya. “Sehingga, para pengusaha lokal tidak boleh kalah. Kami harus menyusun strategi untuk memperbaiki produk dan lainnya,” kata dia.
Selain memperbaiki kualitas produk, pihaknya juga berusaha memperbaiki kualitas layanan terhadap konsumen dan mitra bisnis. Selain para anggota paguyuban, pihaknya juga mengajak para karyawan masing-masing produk untuk ikut serta. “Kami juga harus memberikan pembekalan kepada para karyawan juga. Karena kita ini satu tim. Mereka juga harus paham bagaimana caranya memasarkan produk melalui dunia digital,” pungkas dia.(tea/nda)

Berita Terkait