Maksimalkan Kontribusi dari Tamu MICE


 
MALANG – Kontribusi yang besar dari sektor Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE), membuat manajemen Savana Hotel & Convention semakin menggenjot omzet dari sektor ini. Setelah Januari-Februari lalu sepi, kini memasuki Maret kegiatan meeting perusahaan dan pemerintahan mulai ramai kembali. 
General Manager Savana Hotel & Convention, Agus Salim mengatakan, konsep hotel yang berada di bawah komandonya tersebut merupakan hotel dengan konsep bisnis. Sehingga, selain kamar, pihaknya juga menyediakan meeting dan ballroom yang dapat digunakan oleh tamu MICE. 
“Berbagai event besar sudah dipercayakan kepada kami. Salah satunya tahun lalu, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) mengadakan rakernas di hotel kami,” terang dia ketika ditemui Malang Post.
Dari tamu MICE, lanjut Agus, mampu memberikan kontribusi sebesar 50 persen terhadap total pendapatan. Sedangkan dari Online Travel Agent (OTA), mampu memberikan kontribusi hingga 25 persen. Sisanya, dari F&B, tamu walk in dan lainnya.
Agus membeberkan, 9 ruang meeting yang disediakan oleh hotel. Kapasitasnya bisa menampung mulai dari 24 orang hingga 250 orang.
“Sedangkan untuk ballroom, kami hanya memiliki satu ruangan dan mampu menampung hingga 1.500 orang. Tempat ini cocok digunakan untuk event ulang tahun hingga wedding,” jelas dia.
Selain fasilitas untuk meeting, hotel bintang 4 tersebut juga menyediakan kamar untuk para pebisnis yang melakukan long stay. Fasilitas yang didapatkan juga berbeda dengan yang lain.
“Kalau harga kamar, sama, sekitar Rp 668 ribu. Namun, ada fasilitas free laundry, voucher diskon untuk Food and Beverages (F&B) dan Spa. Paling lama, tamu long stay di hotel kami sekitar tiga bulan,” papar dia.
Pihaknya juga berupaya menggenjot okupansi melalui berbagai macam cara. Salah satunya dengan promo melalui telemarketing dan juga menambah fasilitas kamar.
“Dengan harga Rp 668 ribu, kami menyediakan fasilitas untuk mini bar (snack dan minuman dingin) yang terletak di kamar secara free. Para tamu juga bisa melakukan early check in dan juga check out free charge, based on availability,” tandas dia.(tea/nda)

Berita Terkait