Modal Nekat dan Kreativitas


MALANG POST - Kreativitas adalah modal yang sangat berharga. Melalui kreativitas, seseorang bisa meraih kesuksesan di bidangnya. Hal ini dirasakan oleh Owner BJ Project, Candra Irawan. Berkat kreativitas yang dimilikinya, pria berusia 33 tahun tersebut kini menuai hasil yang luar biasa.
Candra menekuni dunia interior dan exterior design berawal dari ketidaksengajaan. Saat dirinya masih menekuni bisnis salon, ada salah satu pelanggannya yang tertarik dengan desain interior di salonnya tersebut. Desain interior salonnya itu merupakan hasil kreasi Candra sendiri.
“Saat itu saya nekat menerima permintaan pelanggan untuk menggarap kitchen set di rumahnya. Dan ternyata dia puas. Dari situlah kemudian saya tertarik untuk lebih serius menekuni dunia interior design,” beber Candra pada Malang Post.
Awal pengerjaan, pria kelahiran 2 April 1985 ini hanya menggunakan aplikasi CorelDraw sembari belajar secara otodidak mengoperasikan Google Sketch up dan Vray. Di tahun yang sama, BJ Project juga menggarap proyek yang cukup besar yaitu di Friends Salon yang berada di Ruko Simpang Wilis dengan harga proyek senilai Rp 250 juta.
Sejak saat itulah, Candra menerima berbagai order interior dan exterior design, mulai dari rumah, cafe, kantor, hingga villa. Pencapaian terbesar yang pernah diraih Candra sendiri pada tahun 2016. Saat itu BJ Project menggerjakan design kantor Simpatindo di seluruh area Malang, beberapa cafe dan mulai merambah ke Surabaya dengan total penghasilan Rp 800 juta dalam satu tahunnya.
Atas prestasi dan jenjang kesuksesannya, pria lulusan STM tersebut diminta memberikan materi pembelajaran dan motivasi di salah satu SMK di Kota Malang. “Saya hanya lulusan STM tapi bisa buka usaha seperti ini, kenapa enggak anak-anak SMK nantinya berpeluang usaha seperti saya. Karena ilmu itu harus dibagi,” tutup Candra. (ae5/nda)

Berita Terkait