Satu Jurus Kelola Banyak Bisnis

Untuk masalah bisnis, keahlian Apik Syamsul Rijal S.Sos ini tak perlu diragukan lagi. Di usia ke 30 tahunnya ini, telah memiliki banyak unit bisnis yang dipegangnya, mulai dari cafe, distro, kuliner hingga properti.
Tak mudah memiliki banyak unit bisnis apalagi berbeda sektor. Namun ia bisa mengelola semuanya dengan satu jurus, yakni pandai membawa diri dan sikap di setiap kondisi. "Setiap kondisi kan berbeda-beda, jadi sebisa mungkin kita harus bisa membawa diri dan sikap kita ketika melakukan kegiatan bisnis. Saya rasa itu juga modal utama kita untuk berkomunikasi dalam berbisnis," ujar Kang Apik, sapaan akrabnya.
Karena kesuksesannya dalam mengelola bisnis, oleh beberapa koleganya Kang Apik bahkan disebut-sebut sebagai pakar komunikasi bisnis. Meski demikian, Kang Apik masih enggan menggunakan sebutan tersebut.

"Sebenarnya saya nggak mau disebut sebagai pakar komunikasi bisnis. Tetapi saya berusaha semaksimal mungkin untuk mengubah cara pembawaan diri dan sikap seseorang agar menjadi sukses dalam berbisnis. Saya bukan pakar bisnis, tapi bisa bikin bisnis jadi luar biasa", sambungnya.

Pria asal Cirebon ini ternyata gemar berorganisasi sejak kuliahnya dulu di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Hal inipun menjadi bekal yang berharga bagi dirinya dalam mengelola setiap unit bisnis.
Saat ini pun, Kang Apik masih aktif dalam beberapa organisasi dan komunitas di Malang, seperti Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan juga Malang Marketing Club (MMC). (yan/nda)