Perluas Segmentasi Pasar


MALANG - Segmentasi pasar All New Honda Vario 2018 semakin diperluas. Hal ini seiring sejalan dengan pembaruan model yang dilakukan oleh PT. AHM. Pasalnya, pasar skutik semakin banyak dan mulai naik kelas.
Area Section Head Sales Honda MPM Motor Malang, Dede Hartono mengatakan, ketika meluncurkan produk baru, Honda selu cermat dalam membaca potensi pasar. "Saat ini, potensi pasar untuk low matic cenderung turun. Sementara, untuk big skutik naik, seperti Vario," terang dia.
Saat ini, tren masyarakat lebih naik kelas. Masyarakat membutuhkan kendaraan yang bisa membuat nyaman ketika dikendarai. "Kami lebih cermat dalam melihat potensi pasar. Ketika meluncurkan tampilan atau produk baru, tidak merebut pasar produk kami yang lain. Sehingga, setiap produk yang kami miliki sudah memiliki potensi pasar masing-masing," papar dia.
Sejauh ini, penjualan produk Vario cukup bagus. Di Malang, market share Honda Vario berada di angka 40 persen  sampai 50 persen. "Penjualannya cukup bagus. Motor Vario merupakan skutik high yang kami miliki," kata dia.
Untuk produk barunya tersebut, Dede menuturkan, unitnya masih belum tersedia. "Sekitar tanggal 28 April  akan ada launching regional. Sementara itu, untuk perkiraan unitnya datang, sekitar awal bulan Mei,masih tentatif," beber dia.
Dede menambahkan, pada keluaran terbaru kali ini, Honda Vario memiliki 4 pilihan warna yaitu warna Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Red, Exclusive Matte Silver dan Exclusive White. Sementara untuk perkiraan harga, selisih sekitar Rp 900 ribu hingga Rp 1 juta dari harga lama. "Warna andalannya adalah Exclusive Matte Red," kata dia.
Sementara itu, PIC Customet Relation Management (CRM) Honda Kartika Sari II Malang, Dedy Kunsetyawan menambahkan, di dilernya tersebut,  penjualan skuter matic mampu merajai penjualan Honda Kartika Sari II, yakni sekitar 85 persen. “Sekitar 20 persen diantaranya adalah Vario. Dengan adanya produk baru ini, peningkatan penjualan kami harapkan naik sekitar 20 persen,” pungkasnya.(tea/aim)