Makan Bersama dalam Tradisi Megibung


MALANG – Memperkenalkan tradisi khas Bali, Ubud Hotel & Cottages Malang menawarkan promo Megibung. Menu ini disajikan untuk 2-5 orang dengan berbagai pilihan sajian yang variatif.
Marcomm Ubud Hotel & Cottages Malang, Agnes Gosha mengatakan, tradisi Megibung memiliki arti berbagi satu sama lain, yang sudah menjadi tradisi asli Bali hingga saat ini. Tradisi tersebut merupakan kegiatan makan bersama yang bertujuan menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan.
"Dengan menghadirken penawaran Megibung di sini, kami ingin masyarakat Malang atau tamu hotel bisa ikut menikmati tanpa harus jauh-jauh ke Bali," terang dia kepada Malang Post.
Wanita yang akrab disapa Gosha tersebut menjelaskan, tradisi ini biasanya dilakukan oleh sejumlah orang yang duduk melingkar dan menikmati aneka lauk secara bersama-sama dalam satu wadah dengan beralaskan daun pisang. Kebiasaan ini dinikmati orang banyak dengan berbagi cerita, berdiskusi, saling bertukar pikiran sehingga menimbulkan suasana akrab. "Kalau di daerah Jawa, seperti tradisi nasi bancakan," kata dia.
Menu Megibung yang disediakan di Ubud Hotel & Cottages terdiri dari dua jenis, Yakni  Megibung Balinese dan Megibung Jimbaran. Untuk Megibung Balinese berisi nasi putih dengan lauk, ayam betutu, tum ayam, sate lilit, urap bali, srombotan kacang panjang, kacang goreng, sambal matah, dan sambal mbe. "Aneka menu tersebut ditata di atas nampan bambu panjang beralas daun pisang. Sajian ini bisa dinikmati dengan ataupun tanpa sendok," kata dia.
Selain itu, ada juga variasi menu Megibung Jimbaran, dengan konten menu olahan ikan, sate tuna, sate lilit, patin bakar, gurame goreng, nasi putih, sambal bajag, sambal matah, sambal kecap, dan sayur segar. "Selain bisa dinikmati di Ubud Hotel & Cottages, paket ini bisa diantar ke rumah dengan melakukan pemesanan melalui telepon atau online," kata dia.
Gosha menambahkan, menu Megibung Balinese dibanderol dengan harga Rp 100 ribu untuk minimal dua orang, sedangkan Megibung Jimbaran Rp 300 ribu untuk minimal dua orang. "Kami menargetkan menu ini terjual sebanyak 25 pax per hari," tandas dia.(tea/nda)

Berita Terkait