OTA Dominasi Okupansi


MALANG - Penawaran kamar yang dilakukan melalui Online Travel Agent (OTA) mendominasi okupansi Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang. Tingginya permintaan kamar melalui OTA ini karena pemesanan kamarnya lebih praktis dan cepat.
Sales Support Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang, Gaby Maitimo mengatakan, perolehan kamar melalui OTA berada di angka 50 persen sampai 60 persen. “Saat ini, ketika orang ingin bepergian, yang pertama kali dilihat adalah penawaran kamar yang ada di OTA. Praktis dan sangat cepat prosesnya. Karena itulah perolehan okupansi melalui OTA mendominasi,” terang dia ketika ditemui Malang Post.
Perempuan berambut sebahu ini menjelaskan, untuk OTA, pihaknya tidak hanya mengandalkan jasa layanan pemesanan kamar hotel saja, namun mereka juga memiliki situs online sendiri, yakni www.intiwhiz.com. “Bahkan tamu yang hendak memesan kamar hotel melalui telepon, kami arahkan ke website kami. Harga yang ada juga lebih terjangkau. Kebanyakan, yang memesan melalui OTA adalah tamu personal,” kata dia sembari menambahkan pihaknya juga menggenjot okupansi melalui sales call.
Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat juga memberikan treatment kepada para tamu yang melakukan long stay. “Bulan ini, ada 10 tamu lebih yang melakukan long stay. Rata-rata tujuh hari ke atas,” kata dia.
Lebih lanjut, Gaby menjelaskan, untuk harga long stay per malamnya mulai Rp 460 ribuan dan menggunakan contract rate. “Harganya juga bisa mulai Rp 400 ribuan tergantung dari lama stay. Kami juga memberikan benefit bagi para tamu longstay, per lima hari, kami berikan kue atau mug,” kata dia.
Kebanyakan tamu yang melakukan long stay adalah beberapa tamu yang berasal dari luar kota dan melakukan perjalanan bisnis. “Mulai dari bank dan beberapa perusahaan,” kata dia.
Saat ini, pihaknya menggencarkan promo potongan harga hingga Rp 500 ribu dengan menggunakan kartu kredit tertentu. “Publish rate kami untuk tipe superior Rp 990 ribu dan Rp1,090 juta untuk deluxe. Sudah dapat free laundry juga,” pungkas dia.(tea/nda)

Berita Terkait