Wuling Motors, Pendatang Baru Luar Biasa


 
SURABAYA - Hadirnya Wuling Motors, menambah ketatnya persaingan dalam dunia otomotif di tanah air. Dibawah bendera SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited, perusahaan mobil asal Tiongkok ini siap bersaing dengan perusahaan mobil asal Jepang yang sudah lebih dulu hadir.
Wuling sudah punya dua model di pasar otomotif nasional, yaitu Confero dan Cortez. Keduanya bermain di segmen low multi purpose vehicle/LMPV (Confero), dan multi purpose vehicle/MPV medium (Cortez). Yang menarik, tahun 2017, Wuling Motors sudah meraih posisi 10 penjualan tingkat nasional. 
Brand & Marketing Director PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors), Jason Ding tidak menyangkal akan merebut pasar otomotif di Indonesia.
“Perlahan karena kami juga baru sekitar satu tahun di Indonesia. Potensial pasarnya sudah ada,” ungkapnya saat acara Family Feastival di Surabaya. 
“Yang jelas, kami berusaha memperlihatkan dan meyakinkan bahwa kami ada di sini untuk jangka panjang, bukan datang dan pergi sesuka hati. Kami berinvestasi di sini, produksi di sini, membangun jejaring pemasok suku cadang, jaringan penjualan dan purnajual yang kami bangun,” tegas Ding.
Wuling Motors, kata dia, melihat Indonesia tidak hanya sebagai sebuah pasar otomotif potensial, melainkan lokasi yang tepat untuk mengelola bisnis otomotif, termasuk melakukan kegiatan produksi dan menjadikannya sentra produksi untuk wilayah regional Asia Tenggara. Pihaknya tidak melakukan strategi khusus.
Baginya, konsisten dan konstan melakukan langkah-langkah yang selama ini sudah mereka lakukan, sudah menjadi strategi tersendiri.
“Wuling Motors memiliki jaringan penjualan serta layanan purnajual untuk menghadirkan kepercayaan dari pelanggan maupun calon pelanggan,” tegasnya.
Masih menurutnya, booming Confero merupakan produk pertama Wuling dengan merek dagang Indonesia. Mobil ini memiliki mesin P-TEC DVVT DOHC MPI dengan kecepatan 1.5 cc. Dengan kekuatan tenaga seperti ini, Confero mampu memiliki performa maksimal hingga 107 hp pada 5800 rpm melalui lima transmisi. 
Sebagai pemain baru yang luar biasa, dibandingkan dengan mobil pabrikan Jepang, varian mobil Confero bisa bersaing dari sisi harga. Wuling Confero S memiliki sejumlah tipe, dari yang standar hingga luxury atau mewah. Harga untuk mobil Wuling ini dibanderol dengan harga berkisar Rp 131 jutaan.
Sementara itu, Brand Manager PT SGMW Motor Indonesia, Dian Asmahani menerangkan, pihaknya menargetkan penambahan dealer sampai akhir tahun 2018 ini.
“Secara nasional, kita targetkan mencapai 80 dealer. Di Jatim, sudah ada tujuh dealer dan akan bertambah tujuh lagi,” paparnya. 
Menurut dia, pangsa pasar mobil Wuling sangat positif tahun-tahun ke depan. Hingga bulan Maret 2018 atau triwulan pertama, dua produk miliknya sudah terjual 3.496 unit secara nasioan.
“Jatim posisi ketiga dalam peringkat penjualan nasional. Sedangkan Malang menyumbang 10 persen penjualan di Jatim,” ujar dia. 
“Kami menargetkan hingga akhir 2018, mencapai angka penjualan 30.000 unit untuk Confero dan Cortez. Untuk mencapai target itu, kami juga mendekatkan diri dengan konsumen ataupun calon konsumen melalui acara semacam customer gathering ini. Kita ingin mendengar feedback dari pengguna,” tutup Dian. (mar)

Berita Terkait