Sinergi Telkomsel dan Bank BTN, Permudah Masyarakat Transaksi Non Tunai

 
MALANG - Telkomsel dan Bank BTN melakukan sinergi untuk mempermudah masyarakat melakukan transaksi, utamanya untuk transaksi non tunai. Kamis (10/5), bertempat di Lapangan Asrikaton Pakis Kabupaten Malang, Telkomsel dan Bank BTN secara resmi meluncurkan layanan bertajuk TCASH-BTN Cermat. 
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, sudah sejak lama, Telkomsel memiliki layanan keuangan yang diberi nama TCASH. Fungsinya mirip dengan uang elektronik dan bisa digunakan untuk transaksi pembayaran di berbagai tempat.
“Dengan sinergi yang kita jalin kali ini, Bank BTN turut membantu kami untuk merealisasikan visi kami untuk menciptakan ekosistem digital dan juga mendukung keuangan inklusif,” terangnya.
Ririek menjelaskan, layanan tersebut juga mendukung program pemerintah untuk menggencarkan transaksi non tunai. Dengan adanya kerjasama tersebut, pihaknya berharap ada kemudahan layanan perbankan, baik dari pengguna Telkomsel maupun nasabah Bank BTN.
“Masyarakat yang memiliki uang tunai, bisa menabung di Bank BTN. Kemudian, jika ingin melakukan transaksi, bisa menggunakan TCASH,” papar dia.
Saat ini, pengguna layanan TCASH secara nasional sebanyak 20 juta pengguna. Dengan adanya kerjasama ini, pihaknya berharap jumlahnya bisa bertambah dua kali lipat.
“Kami berharap, pengguna layanan TCASH bisa bertambah hingga 40 juta. Saat ini, transaksi penggunaan TCASH bisa dilakukan di 50 ribu merchant. Tahun ini, kami berharap bisa nambah jadi 100 ribu merchant di seluruh Indonesia,” jelasnya.
Ririek berharap, dengan adanya kerjasama ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi para nasabah. Baik untuk menabung maupun melakukan pinjaman.
“Layanan semacam ini akan kami kembangkan untuk hal yang lain, seperti asuransi maupun transportasi,” bebernya.
Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Maryono mengatakan, Bank BTN telah melakukan terobosan dan memiliki agen laku pandai yang dinamai BTN Cermat. Hal ini, bertujuan untuk mempermudah masyarakat,utamanya yang tinggal di daerah pelosok untuk melakukan transaksi perbankan. 
“Dengan adanya kerjasama ini, kami menyambungkan dengan Telkomsel. Sehingga bisa mempermudah layanan perbankan untuk masyarakat, jadi lebih praktis,” tandas dia.
Tahun ini, pihaknya membidik 10 ribu agen laku pandai dengan 200 ribu rekening tabungan baru.
“Ke depan, layanan ini juga akan menghadirkan layanan Kredit Pemilik Rumah (KPR) Mikro dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) hanya melalui ponsel,” papar dia.
Layanan keuangan tersebut bisa digunakan untuk pelanggan baru maupun lama. Cukup dengan melakukan registrasi di agen TCASH dan Bank BTN diseluruh Indonesia. layanan tersebut bisa diakses dengan *141*1# dari ponsel jenis apapun.
Dengan akun ini, pelanggan lebih mudah mengirimkan dana dari akun TCASH ke rekening Tabungan BTN Cermat dan sebaliknya, serta transaksi keuangan lainnya. (tea/lim)

Berita Terkait