Genjot Okupansi, Berlomba Menu FnB

 
MALANG - Bulan Ramadan selalu menjadi tantangan dan peluang bagi kalangan hotel. Tantangan karena masa ini merupakan masa packelik tamu bagi para hotelier. Karena itulah momen Ramadan menjadi tantangan sekaligus peluang untuk menggenjot angka okupansi. Maka masing-masing hotel pun berlomba-lomba menggelar event. Beberapa hotel menggenjot okupansi dengan program buka puasa melalui Food and Beverages (FnB) dan juga promo harga kamar.
Seperti yang dilakukan oleh  The 101 Hotel Malang OJ. Melalui menu buka puasa yang diberi nama ‘Ramadan Kareem’, mereka menghadirkan 30 variasi makanan untuk sajian menu buka puasa dengan nuansa tradisional.
General Manager The 101 Hotel Malang OJ Anzar Maulana mengatakan, pihaknya sengaja menyajikan menu tradisional untuk mengobati rasa rindu suasana rumah bagi para tamu yang datang. 
"Umumnya, pada momen bulan Ramadan, orang-orang banyak yang rindu suasana rumah. Jadi, kami menyajikan masakan tradisional supaya masyarakat feels like home," terang dia ketika ditemui Malang Post. 
Anzar melanjutkan, menu tersebut dibanderol dengan harga Rp 97.500 per pack all you can eat. Sebanyak 30 sampai 36 variasi masakan tradisional yang meliputi Soto Ayam, Rawon, Ayam Goreng Rempah hingga Ikan Bakar Rica-Rica. Kemudian, ada juga berbagai macam pilihan jajan pasar, kolak pisang, bubur kacang hijau dan kurma.
"Sedangkan untuk live cooking, ada martabak dan gorengan. Sajian menu buka puasa tersebut lengkap, mulai dari appetizer, main course sampai dessert," kata dia. 
Berbagai macam menu tersebut disajikan secara bergantian setiap hari. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat bisa merasakan aneka masakan buka puasa yang disajikan di Skyroom The 101 Hotel Malang OJ.
"Kami menargetkan sekitar 70 porsi per hari. Bagi para tamu yang ingin menyantap sajian buka puasa di hotel kami, bisa melakukan reservasi dulu," kata dia. 
Selain menu buka puasa, dalam waktu dekat, The 101 Hotel Malang OJ juga akan segera meluncurkan harga khusus untuk pemesanan kamar selama bulan Ramadan.
Sementara itu, secara terpisah, Marcomm Manager & Executive Secretary Harris Hotel & Convention Malang, Ires Mariska menambahkan, pihaknya menghadirkan menu unik sebagai pilihan buka puasa, yakni Sego Dakon.
“Menu buka puasa ini sangat unik karena disajikan langsung di atas mainan tradisional Jawa yang disebut dakon,” ujarnya.
Sego Dakon tersebut dibanderol mulai dari Rp 98 ribu untuk 2 orang. Menu tradisional dalam paket Sego Dakon tersebut menyediakan tiga pilihan nasi, yaitu Nasi Kuning, Nasi Putih dan Nasi Uduk. Sementara untuk lauknya, Mie Goreng, Tempe dan Tahu Bacem, Empal Goreng, Ayam Goreng, Ikan Asin, Telur Dadar, Urap-Urap serta tiga varian sambal. 
“Pada satu dakon, ada 14 menu makanan yang disajikan. Nasinya bisa pilih salah satu. Dalam satu paket ini, juga dilengkapi dengan takjil,” jelasnya.
Selain itu, pihaknya juga menggeber ‘Gerobak Ramadan’ yang juga ikut meramaikan suasana buka puasa. Menu yang disajikan di Gerobak Ramadan dibanderol mulai dari Rp 10 ribu.
“Untuk menu dakon, kami menargetkan 30 congklak per hari atau setara dengan 60 porsi,” papar dia.
Selain menggenjot melalui FnB, pihaknya juga mengadakan promo harga kamar. Selama bulan Ramadan berlangsung, pihaknya membanderol harga kamar Rp 678 ribu per malam. Dengan adanya promo ini, pihaknya menargetkan okupansi di angka 80 persen.
“Para tamu yang datang mendapatkan fasilitas untuk sahur dan juga buka puasa untuk dua orang,” tandas dia. (tea/lim)

Berita Terkait