Puluhan Ribu Masyarakat Berburu Fashion di Mall


MALANG – Mall berpesta. Di penghujung ramadan, puluhan ribu masyarakat memenuhi mall-mall yang ada di Kota Malang. Peningkatannya sangat drastis dibanding hari-hari biasa. Malang Twon Square (Matos) termasuk yang merasakannya. Bahkan dibandingkan tahun lalu, kunjungan Ramadan kali ini lebih banyak.
Marketing Communication Matos Sasmitha Rahayu mengatakan, pihaknya bisa memantau jumlah pengunjung melalui parkiran motor dan mobil. “Jumlahnya banyak. Tahun lalu sekitar 5.000 sampai 10 ribu pengunjung per hari," terang dia ketika dihubungi Malang Post.
Sementara tahun ini, pada periode yang sama, yakni H-14, jumlahnya bertambah sekitar 15 persen sampai 20 persen.
"Bisa jadi karena banyak tanggal merah dan jadwal libur. Jadi masyarakat pun mulai hunting kebutuham lebaran sejak awal. Apalagi, mall kami sudah menawarkan diskon-diskon menarik," papar dia.
Malang Olympic Garden (MOG) juga mengalami trafik peningkatan pengunjung. Diprediksi ada kenaikan 35 persen hingga 50 persen, dan tertinggi pada saat akhir pekan.  Leasing Executive MOG, Peptina Maghdalena menyatakan, rata-rata pengunjung MOG di ramadan ini berkisar antara 6.000 hingga 7.000 per hari di weekdays dan dua kali lipatnya di weekend. Jumlah ini terus naik hingga 10 dan 7 hari menjelang lebaran.
“Untuk hari ini tadi saja, selama long weekend pengunjung banyak sekali yang berbondong-bondong ke sini hingga jam 1 siang, parkir sudah ditutup,” ungkapnya ketika dihubungi Malang Post, kemarin.
Untuk kenaikan jumlah pengunjung, perempuan yang akrab dipanggil Pepti ini menyatakan, prediksi kenaikan jumlah pengunjung ini, berada di atas kisaran rata-rata 14 ribu. Namun dibandingkan dengan tahun lalu, secara global, kenaikan hanya sebanyak 5 persen.
“Karena pada saat 10 ataupun 7 hari menjelang lebaran, anak sekolah libur dan yang bekerja sudah mendapatkan THR. Jadi, kami prediksi pengunjung akan mencapai puncaknya pada saat itu,” ujarnya.
Sebagian besar masyarakat, tutur Pepti, mengunjungi MOG untuk berbelanja kebutuhan fashion seperti baju, tas dan sepatu serta sembako untuk lebaran. Untuk mendukung kebutuhan lebaran, toko-toko yang berada di MOG juga menyediakan banyak diskon dan penawaran harga spesial untuk berbagai item.
“Masyarakat juga banyak yang mencari parcel lebaran dalam bentuk kebutuhan rumah tangga ataupun makanan dan sembako di MOG, baik di department store ataupun di supermarket,” pungkasnya.
Mall yang tergolong baru, Mall Dinoyo City juga ikut merasakan berkah ramadan. Mall yang terletak di kawasan Dinoyo ini semakin banyak dikunjungi masyarakat, utamanya untuk berbelanja produk fashion lebaran dan produk sekolah anak menjelang tahun ajaran baru.
Konsultan dan General Manajer Mall Dinoyo City, Hendra Limas menyatakan, pada awal bulan puasa, trafik pengunjung masih sepi. Namun, mulai minggu ini tren pengunjung mulai naik, terutama pada saat weekend.
Selama ramadan, pengunjung mencapai angka 3.500 hingga 4.000 pada saat weekdays, dan 7.000 hingga 8.000 saat weekend. Jumlah ini masih terus bertambah hingga 10 hari menjelang lebaran.
“Puncaknya jumlah pengunjung berada di kisaran waktu 7 hingga 10 hari menjelang lebaran, jumlahnya bisa mencapai dua kali lipat,” ungkapnya pada Malang Post, kemarin.
Sedangkan untuk trafik transaksi, pertambahan kenaikannya mencapai 20 persen pada ramadan tahun ini. “Diperkirakan, minggu depan untuk pertambahan kenaikan transaksinya mencapai 50 persen hingga 60 persen, sedangkan untuk 7 hari menjelang lebaran akan lebih bertambah lagi, hingga dua kali lipat,” ujarnya. (tea/mg4/han)

Berita Terkait