magista scarpe da calcio Tumpeng Empat Warna Sambut Kemerdekaan


Tumpeng Empat Warna Sambut Kemerdekaan

 
MALANG – Masyarakat di beberapa wilayah seperti di Pulau Jawa, Madura atau Bali, memiliki satu kebiasaan saat menyambut peristiwa penting. Salah satunya adalah membuat tumpeng, yang dalam falsafah Jawa berasal dari tradisi memuliakan gunung tempat bersemayang arwah nenek moyang. Untuk itulah, tumpeng dibuat berbentuk kerucut, menirukan bentuk gunung yang sering dibuat saat momen hari besar, diantaranya menyambut kemerdekaan Republik Indonesia.
Menyambut momen kemerdekaan tersebut, Taman Indie Resto juga ingin merayakannya dengan mengusung tema tumpeng dan meluncurkan tujuh menu tumpeng.  Baik tumpeng yang bisa dimakan bersama-sama maupun menu yang dapat disantap seorang diri.
“Kami meluncurkan tujuh menu dalam tema Tumpeng Kemerdekaan. Yang utama Tumpeng Kenduri yang bisa dinikmati oleh empat orang,” ujar General Manager PT Araya Mega Abadi Golf, M Arwan, kemarin.
Tumpeng Kenduri memiliki keunikan karena disajikan dengan empat macam warna tumpeng. Yakni putih, merah, hijau dan kuning dalam cetakan nasi berbentuk kerucut tersebut. Sedangkan untuk lauknya, terdiri dari sate udang, bakmi goreng, perkedel, urap-urap, ayam kalasan, lalapan, dan kerupuk kampung.
“Tumpeng Kenduri ini sebenarnya adalah gabungan dari enam menu. Kalau datang beramai-ramai, akan lebih asyik memesan ini, karena biasanya tidak enak menikmati tumpeng seorang diri,” papar Arwan kepada Malang Post.
Ia menjelaskan,untuk pilihan menu tumpeng satu porsi, terdiri dari enam pilihan. Yakni tumpeng nasi campur Bali, tumpeng nasi merah putih, tumpeng nasi pandan, tumpeng nasi kuning, tumpeng nasi merah dan tumpeng nasi jagung. “Ada warna merah, kuning, dan hijau, pewarnanya alami seperti daun pandang dan kunyit,” ungkapnya.
Sementara itu, secara rinci dia menjelaskan dari setiap menu yang diluncurkan oleh Taman Indie Resto. Tumpeng nasi campur bali, merupakan nasi tumpeng dengan sate lilit, ayam betutu, suwiran ayam, bumbu basa genap Bali, telur bumbu, serambota (sayuran urap), lawar bebek, sambal matah dan kerupuk udang. Sedangkan untuk tumpeng nasi merah putih, sebagai penyempurna menu spesial peringatan kemerdekaan, resto tersebut membuat tumpeng berwarna merah dan putih yang disajikan dengan sate ayam, sambal goreng telur puyuh, trancam, kering tempe, empal, kerupuk udang dan sambal.
Dia menambahkan, untuk tumpeng nasi pandan, disajikan dengan cumi asam pedas, sate daging bumbu rujak, ayam goreng kalasan, kacang panjang, bumbu kari, timun, sambal dan rempeyek goreng. “Kalau tumpeng nasi kuning disajikan dengan ayam bakar bumbu rujak, serundeng coklat, kering kentang, bakmi, perkedel, urap-urap, telur dadar, sambal dan kerupuk udang,” sebutnya.
Sementara itu, dua menu tumpeng tersisa, yakni tumpeng nasi merah dengan lauk balado teri, kikil masak cabe hijau, tumis pakis, empal gepuk goreng, emping, timun dan sambal. Sedangkan menu terakhir, tumpeng nasih jagung dengan ayam panggang, tahu tempe, urap-urap,mendol, kerupuk udang, ikan asin, sambal goreng cecek, timun dan sambal.
Menu tersebut sudah ditawarkan oleh Taman Indie Resto mulai 16 Agustus 2017, besok. Selama dua pekan atau sampai akhir Agustus, tamu resto yang ingin merasakan sajian tumpeng tetapi malas membuat sendiri, bisa  menikmati sajian tersebut di resto yang menghadirkan suasana khas pedesaan.
Sedangkan untuk harga, Taman Indie Resto mematok banderol Tumpeng Kemerdekaan itu mulai Rp 59.500 sampai Rp 65.500 per porsi, kecuali Tumpeng Kenduri yang dibandrol Rp 235.500. (ley/nda)
Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang