Toyota Fokus di Pasar MPV


Malang Post - Tren mobil di Indonesia saat ini dikuasai oleh segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) alias mobil yang dianggap serbaguna. Mobil dengan segmen tersebut dianggap sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia akan mobil yang berukuran besar, muat banyak, dan bisa digunakan di segala medan.
Pasar MPV sendiri beberapa tahun belakangan diisi oleh beberapa model sebut saja Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga. Kini pasar MPV semakin ramai dengan kehadiran Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander.
Bagi Toyota yang saat ini produknya cukup mendominasi pasar MPV di tahun 2017 ini juga masih akan terus berfokus di segmen tersebut walaupun model SUV sedang meranjak penjualannya. Itu dilakukan Toyota agar bisa terus bersaing di tanah air pada segmen pasar yang besar.
"Kalau kita lihat 2016 pasar MPV turun. Sedangkan pasar SUV-nya sangat banyak. Pasar SUV sendiri tercatat 20 persen terhadap 100 persen market. Tapi di 2017 balik lagi, pasar SUV turun hanya sekitar 16-17 persen tapi kelas MPV naik lagi dari 36 persen jadi 44 persen," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motors (TAM) Fransiscus Soerjopranoto di Tangerang.
Pria yang akrab disapa Soerjo ini  melanjutkan, kondisi tersebut menandakan bahwa market Indonesia platformnya adalah MPV. “Selain itu, ada sinyal lainnya. Beberapa merek meluncurkan MPV sebagai product maker, seperti Wuling dan Mitsubishi. Sehingga terbaca tren mobil kali ini adalah jenis MPV. Karena itu Toyota memperkuat segmen ini," lanjut Soerjo.
Dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Toyota memamerkan salah satu mobil MPV mewah, Voxy. Toyota Voxy miliki beragam keunggulan fitur yang ada seperti pintu geser elektrik, tombol start-stop untuk menghidupkan mesin, keyless entry, AC climate control dengan mode auto, traction control. Selain itu terdapat pula auto power window di keempat kaca pintu serta dilengkapi dengan sunroof dan moonroof.
Secara dimensi, Voxy memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding Alphard. Mobil ini panjangnya 4,710 mm, lebar 1,735 m, dan tinggi 1,835 m. Jarak sumbu roda 2,850 mm dengan ground clearance 16,5 cm. Mobil ini begitu menarik untuk dimiliki. Selain memiliki tampilan yang elegan serta mewah, desain interiornya juga menggoda dan dijamin dapat memanjakan penggunanya.
Meski fokus di segmen MPV, Toyota juga tetap mengisi pasar SUV dengan menggeber dua andalannya, yakni VRZ dan Fortuner TRD. Dengan strategi ini, Toyota berharap bisa tetap bertengger sebagai peringkat pertama di tanah air. (dtc/nda)

Berita Terkait