Kumpulkan Donasi Pendidikan Rp 250 Juta


MALANG – Jalan sehat 5 km bertajuk ‘BUMN Hadir Untuk Negeri’ yang digelar Minggu (20/8) berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp 250 juta. Sumbangan tersebut nantinya akan disalurkan untuk peningkatan sarana pendidikan di Jawa Timur.
Wakil Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan Jalan sehat 5 km ‘BUMN Hadir Untuk Negeri’ merupakan puncak serangkaian acara dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Acara ini digelar oleh , jajaran BUMN yang terdiri dari Bank BRI, PT INKA (Persero), PT SIER-PIER, PT GARAM, dan Perum Jasa Tirta I.
Sebelumnya, pada tanggal 17 Agustus, pihaknya melakukan upacara secara serentak di 34 Provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu, juga ada program ‘Siswa Mengenal Nusantara’.
“BRI menjadi host di Kota Malang untuk memimpin upacara bendera pada hari-H. Kemudian, dilanjutkan dengan bedah rumah 150 veteran yang ada di Kota Malang. Hari ini (kemarin), dilanjutkan jalan sehat yang bertujuan untuk mengajak masyarakat supaya aktif terhadap kesehatan sehingga bisa semakin produktif dalam beraktivitas,” terang dia.
Dalam acara tersebut, dihadiri sekitar 5000 orang yang merupakan para karyawan BUMN beserta keluarga dan juga masyarakat umum. Ketika sampai di garis finish, mereka memberikan cap tangan di Donation Board. Hal ini bertujuan untuk memberikan sumbangsih masyarakat untuk peduli terhadap pendidikan.
“Setiap cap tangan dihargai Rp 50 ribu oleh BRI. Jika jumlah peserta 5000 orang, berarti total sumbangan yang mereka berikan berjumlah sekitar Rp 250 juta. Sumbangan tersebut nantinya akan kami salurkan untuk peningkatan sarana pendidikan di Jawa Timur,” jelas dia.
Dia menambahkan, ada beberapa titik yang menjadi fokus tim identifikasi dari BRI untuk menentukan sekolah mana saja yang membutuhkan bantuan. “Nanti tim kami akan melakukan identifikasi ke sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan berupa UKS, sarana kamar mandi dan utamanya pengadaan buku bacaan. Ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk mencerdaskan anak bangsa,” tambah dia.
Sejak pukul 06.00 pagi, seluruh peserta gerak jalan sudah berkumpul di sekitar Jalan Simpang Balapan. Sebelum gerak jalan dimulai, mereka melakukan pemanasan dengan gerakan senam dan juga zumba. Kemudian, sekitar pukul 07.00, para peserta gerak jalan mulai berangkat. Pemberangkatan peserta tersebut juga disertai dengan membawa giant flag yang turut memeriahkan acara.
Tidak sekedar gerak jalan, pihaknya juga memberikan hiburan dan doorprize kepada masyarakat. Hadiah utama dalam event ini adalah sepeda motor Honda CBR. “Selain mengajak masyarakat untuk hidup sehat, kami juga memberikan hadiah supaya hati mereka ikut senang dan terhibur. Jadi, tidak hanya fisiknya saja yang sehat, tapi batinnya juga,” tandas dia. (mg16/nda)