Ngopi Bareng Sambil Berburu Ilmu Baru


Bagi Reno Widodo, mengisi waktu setelah jam kantor usai merupakan hal yang sangat berharga. Pria asli Malang kelahiran tahun 1969 ini gemar menghabiskan waktunya kumpul cangkrukan dengan kawan-kawannya.
"Dari dulu memang senang berorganisasi, senang meng-arrange sebuah kegiatan, mengatur dan mengelola orang orang. Selain itu biasanya saya juga senang kumpul kumpul juga, istilahnya ya cangkrukan ngopi bareng. Dari situ saya bisa dapat ilmu baru, tentang semua hal," kata Meneer Reno, sapaan akrabnya.
Menurutnya, dengan cangkrukan tersebut, Meneer Reno berusaha menjalin networking yang kuat dan bermanfaat untuk bisnisnya. Agar cangkrukannya berkualitas, pemilik usaha Travel Aisyiyah Jaya Wisata ini juga memiliki selera tersendiri untuk tempat cangkrukan ngopinya. Tak perlu tempat yang berkesan 'ingar bingar', Meneer Reno lebih tertarik dengan suasana yang sesuai dengan seleranya sendiri.
"Penting juga suasananya, pemandangannya, apalagi ada hiburan musiknya. Nggak perlu yang terlalu wah, yang terpenting waktu cangkrukan ngopi bisa lebih asik dan nyaman," ungkapnya.
Selain kegemarannya tersebut, Meneer Reno juga memiliki hobi lain yaitu jalan-jalan dan traveling yang rutin ia lakukan sampai saat ini. Di sela kesibukan bisnisnya, saat ini ia juga masih aktif mengajar sebagai praktisi pariwisata di beberapa sekolah menengah kejuruan di Kota Malang. (yan/nda)