Jadikan Hobi Sebagai Ladang Bisnis


Memiliki hobi wisata kuline dan menjahit, membuat Difa Febriani Latuconsina (24) menjadikan hal tersebut sebagai ladang bisnis. Di tengah kesibukannya sebagai pegawai swasta di Jawa Timur Graha Utama, ia mulai membuka lini bisnisnya dengan usaha Taichan Masboy dan sesekali meluangkan waktu untuk menjahit baju.
“Dari usia Sekolah Dasar, saya suka jahit dan design baju sendiri untuk kemudian dipakai,” kata dia.
Kebiasaannya tersebut terus dilanjutkan hingga beranjak dewasa. Akibatnya, banyak orang yang penasaran dengan baju yang dipakai oleh Difa. “Banyak banget yang nanya saya beli di mana. Itulah yang membuat saya semakin termotivasi buat jahit sendiri. Ketika ada waktu luang atau libur, bisa bikin maksimal dua baju,” lanjut dia.
Difa juga mengatakan, mendesign dan menjahit baju sendiri tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. “Satu baju hanya Rp 90ribu saja dalam sekali pembuatan. Akhirnya saya mulai membuka store melalui online, koleksi saya bernama Eltece Store,” imbuh dia.
Selain baju, hobinya untuk menjajal kuliner juga dijadikan ajang bisnis, terbukti dengan berdirinya Taichan Masboy di Kota Malang. “Sudah mulai diminati dan laris. Antusias masyarakat terhadap produk saya juga bagus,” tukas dia.
Dalam percakapannya tersebut, Difa juga berbagi tips dan trik untuk menjadi pengusaha sukses. Dia menuturkan, jangan menjadikan pekerjaan menjadi sebuah beban. “Kalau dijalanin semua pasti bisa jalan, jangan mengeluh dulu. Kalau belom mulai udah dijadiin beban ya pasti bakal jadi beban terus,” lanjut dia.
Difa juga menambahkan, dirinya merasa tidak kerepotan dalam membagi waktunya untuk bekerja dan membuka usaha sebagai sambilannya. “Selama kita bisa kasih pekerjaan untuk orang, kan lebih baik. Cita-cita saya hanya ingin membahagiakan orang lain. Waktu itu berharga banget, jangan telat bangun, rejeki itu datangnya pada pagi hari,” pungkas dia.(tea/nda)