Inden Tinggi, Expander Ready Februari 2018


 
MALANG - Setelah dilaunching pada 23 Agustus 2017 lalu, antusias masyarakat terhadap Mitsubishi Xpander membeludak. Terbukti, dengan adanya 339 unit yang langsung dipesan. Namun, karena keterbatasan unit dan tingginya permintaan, para customer harus bersabar hingga Februari 2018 untuk mendapatkan mobil impiannya.
Iwan Pripambudi, CS Promotion Mitsubhisi Sun Star Motor mengatakan hanya dalam jangka waktu 12 hari setelah launching, hingga Senin (4/9), dealer Mitsubishi Sun Star Motor di Kota Malang menerima inden sebanyak 203 unit.
“Sedangkan untuk wilayah Singosari, ada 136 unit yang dipesan. Ketika hari H launching, sudah ada 108 orang yang melakukan pemesanan di tempat. Jadi, total pemesan sebanyak 339 unit dari target kami yang hanya 200 unit saja,” terang dia kepada Malang Post.
Ia menambahkan, pihak Mitsubishi hanya memproduksi sekitar 10.500 unit mobil dalam tahun ini. Namun, permintaannya sudah lebih dari 11.000 unit. “Kalau di skala dari produksi dan permintaan secara nasional, kami sudah kewalahan. Tinggal menunggu nanti daerah mana dulu yang bisa mendapatkan unitnya,” kata dia.
Dia menambahkan, untuk para customer yang melakukan inden pada bulan ini diharapkan untuk bersabar terlebih dahulu. “Unitnya baru kemungkinan kami lakukan DO (Delivery Order) sekitar bulan Januari atau Februari 2018. Mau bagaimana lagi, setiap hari, para pelanggan datang ke sini dan selalu langsung setor DP. Kami juga kewalahan,” jelas dia.
Iwan menambahkan, kebanyakan para customer berminat untuk membeli dalam transmisi otomatis. Untuk tipe ultimate sebanyak 40 persen, tipe sport sebanyak 15 persen dan sisanya paa tipe exit. “Untuk warna yang paling banyak diminati adalah putih, silver dan hitam,” beber dia.
Dia mengaku, untuk bersaing dengan para kompetitornya, pihaknya lebih mengutamakan service. “Dari kompetitor, kami belajar banyak hal. Kami melakukan pendekatan personal kepada para customer. Terbukti dengan raihan market share sebesar 1049 unit dan kami menargetkan 20 persen sampai akhir tahun nanti. kami optimis bisa tembus target,” lanjut dia.
Namun, tak hanya penjualan Xpander yang melesat drastis, beberapa tipe lain seperti Pajero dan Oulander juga tak kalah manis. “Setiap bulannya, kami mampu menjual sebanyak 16-22 unit Pajero dan enam unit untuk Outlander,” pungkas dia.(tea/nda)