Hadapi Customer dengan Sabar


 
Menjadi seorang Store Head Manager bukanlah hal yang baru bagi Yoyon Widiyanto (33). Pasalnya pria yang saat ini bekerja di Asix Oleh-oleh tersebut sudah memiliki banyak pengalaman di bidang yang sama. 
Hal tersebut diungkapkan Yoyon kepada Malang Post ketika ditemui di Asix Oleh-oleh yang terletak di Jalan Guntur, Kota Malang. “Setiap hari, saya bertemu dengan customer baru dengan karakter yang berbeda-beda. Sungguh menyenangkan,” ungkap pria yang sebelumnya menjadi Store Head Manager di Bakers King selama tiga tahun dan The Harvest Cakes Malang selama empat bulan.
Dalam menghadapi customer, terkadang ada saja komplain yang datang. Ketika ada salah satu customer yang melakukan komplain dengan nada protes, pihaknya mengaku tetap memberikan pelayanan yang terbaik dan juga sabar.
“Kami tanggapi dengan rasa simpati. Kemudian, kami juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk membahagiakan konsumen tersebut, agar mereka kembali datang ke sini untuk membeli produk kami. Membangun kepercayaan adalah hal utama,” tegas dia.
Yoyon menuturkan, karyawan yang berada di bawah komandonya tersebut memiliki banyak kepala dan juga dengan karakter yang berbeda-beda. Hal tersebut diungkapkan Yoyon adalah hal yang menantang.
“Mereka memiliki karakter yang berbeda dan cenderung unik. Tugas saya adalah bagaimana caranya mereka bisa bekerjasama dengan baik dan merangkul mereka semua agar pekerjaan tidak terasa berat,” sambung dia.
Ketika menghadapi karyawannya tersebut, Yoyon mengaku langsung ikut terjun ke lapangan supaya dia lebih paham jika ada suatu konflik yang tak jarang terjadi.
“Ketika ada konflik yang terjadi, saya langsung turun ke lapangan untuk mencari tahu apa yang terjadi. Kemudian, saya mendengarkan cerita dan keluh kesah yang mereka rasakan. Jadi, saya bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut,” papar dia.
Yoyon melanjutkan, pihaknya juga tak segan untuk melakukan pendekatan persuasif kepada para karyawannya tersebut untuk memberikan motivasi agar selalu bersemangat dalam bekerja.
“Setiap harinya, mereka lebih banyak berhadapan dengan konsumen dengan karakter yang berbeda-beda. Mungkin, mereka ada rasa jenuh. Oleh karena itu, saya langsung memberikan motivasi dan juga semangat. Apapun yang terjadi, semangat itu perlu. Itulah yang nanti mengantarkan kita dalam keberhasilan,’ lanjut dia.
Di tengah kesibukannya tersebut, pria yang tinggal di Jalan Kemirahan, Kecamatan Blimbing tersebut juga tak lupa meluangkan waktu untuk keluarganya walaupun hanya sekedar berpiknik tipis.
“Saya masih punya anak kecil, umurnya masih 21 bulan. Jadi, ketika ada waktu senggang, saya usahakan untuk ajak anak saya jalan-jalan. Jadi, pekerjaan beres, keluarga juga bahagia,” pungkas dia.(tea/nda)