magista scarpe da calcio Giant Sukun Buka Peluang Usaha Masyarakat Sekitar


Giant Sukun Buka Peluang Usaha Masyarakat Sekitar


MALANG - Pembangunan pusat perbelanjaan Giant di kawasan Sukun Kota Malang menjadi harapan baru bagi pemerataan kesejahteraan warga Kota Malang. Peluang kerja warga dengan signifikan dapat meningkat. Selain itu juga, warga dapat mengambil peluang membuka usaha lain yang menguntungkan.
Hal ini dikatakan Lurah Kebonsari Sukun Kota Malang, Nyoto, S.STP, M.Si dikonfirmasi Malang Post, Selasa (12/9). Ia menjelaskan, walaupun masih dalam proses, dampak baik bagi warga sekitar Giant sudah menunjukkan hal positif. Yakni, peluang kerja bagi warga sekitar khususnya di lingkungan kelurahan Kebonsari yang berada dekat dengan lokasi Giant Sukun.
“Sementara ini tentunya kesempatan kerja bagi warga sekitar akan meningkat. Tidak hanya peluang bekerja di Giant saja,” ungkap Nyoto.
Melainkan, lanjutnya, warga juga diberikan peluang meluaskan usaha-usahanya sendiri terlebih di bidang kuliner. Pasalnya, dengan dibukanya pusat perbelanjaan Giant, tentunya akan menyedot perhatian banyak warga dari seluruh penjuru Kota Malang untuk datang ke Sukun.
Kondisi itu akan memberikan multiple effect, warga sekitar dapat mempromosikan usahanya pada pengunjung.  Bisa dengan tempatnya sendiri, bisa pula mengambil tenant di dalam Giant Sawojajar. “Tidak hanya itu, peluang membuka usaha kos-kosan juga jadi besar,” tandas Nyoto.
Hal ini diartikan, dengan dibukanya Giant Sawojajar pegawai dan pekerja juga akan banyak datang. Pegawai yang berasal dari luar Sukun, secara otomoatis akan mencari tempat kos atau kontrakan di wilayah Sukun agar lebih efisien bekerja.
Nyoto menyampaikan, pembangunan Giant Sawojajar walaupun saat ini belum beroperasi, sedikit banyaknya tentu membawa pengaruh baik pada warga sekitar. Baik dari segi pemerataan fasilitas maupun peningkatan kesejahteraan warga Sukun.
Hal senada juga dilontarkan warga RT 4 RW 1 Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang, Iwan Setyawan. Ia menjabarkan, Giant Sukun nantinya akan membantu mengurangi jumlah pengangguran di wilayah Sukun.
“Keberadaan Giant mall sedikit banyak membantu mengurangi pengangguran. Saya lihat diwilayah kelurahan ini (Kebonsari) masih ada muda-mudi yang membutuhkan pekerjaan. Harapannya sih agar Giant memberdayakan mereka,” ungkap Iwan.
Selain itu pula peningkatan taraf ekonomi warga juga akan meningkat. Salah satunya, mereka bisa membuka usaha kuliner, kos dan kontrakan. Warga pun juga akan diuntungkan jika nantinya Giant berkembang pesat di segi infrastruktur.
“Misalkan, ada jalan rusak atau fasilitas yang kurang dirasakan warga, kawasan Sukun juga pasti jadi prioritas karena ada sebuah pusat perbelanjaan besar di kawasan ini. Karena warga terus berdatangan dan fasilitas juga akan lebih diperhatikan pemerintah,” tandasnya.
Sambutan positif juga dilontarkan pejabat eksekutif Kota Malang. Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Choeroel Anwar turut mengapresiasi keberadaan swalayan Giant di kawasan Sukun yang akan beroperasi.
Tentu saja, lanjut Choeroel, keberadaan Giant akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi warga sekitar. “Kota Malang ini kota metropolis hampir seperti Surabaya. Perkembangan ekonomi pun juga berkembang pesat, tentunya kehadiran Giant bisa memberi dampak signifikan pada ekomoni masyrakat jika memang dilakukan dengan baik,” ungkap Choeroel.
Ia menyampaikan, dari segi penyerapan tenaga kerja, Giant dapat menyerap tenaga kerja dari warga sekitar sesuai porsi yang dibutuhkan. Selain itu juga, pembangunan Giant akan memberikan manfaat bagi pemerataan pusat bisnis dan ekonomi di Kota Malang. Sukun, lanjut, Choeroel, menjadi wilayah perbatasan antara kota dan kabupaten.
“Giant bisa memecah kepadatan warga Kota Malang maupun kabupaten yang ingin berbelanja. Sehingga tidak lagi pergi ke pusat kota,” tandas Choeroel.
Meski begitu, ia tetap mengimbau pihak Giant untuk tetap memperhatikan kesejahteraan warga sekitar dengan memprioritaskan lapangan pekerjaan. Lebih dari itu, keberadaan Giant diyakini dapat menjadi pusat ekonomi dan mengembangkan pertumbuhan ekonomi warga sekitar.(ica/han)

Berita Terkait

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top