Beda Pangsa Pasar, Tak Takut Bersaing dengan Online


MALANG - Maraknya portal belanja online tak membuat pengusaha retail berkecil hati. Meskipun beberapa waktu belakangan, di beberapa daerah banyak yang menutup gerainya. Bahkan, beberapa pengunjung mall cenderung berkurang. Hal tersebut terjadi lantaran beberapa konsumen sudah mulai beralih ke portal belanja online dengan berbagai alasan.
Asisten Store Manager Center Point Malang, Dwi Hasan Sanusi mengatakan, portal belanja online memang menjadi tantangan. Namun, pihaknya lebih memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih fasilitas belanja yang disediakan.
“Portal belanja online juga menjadi salah satu tantangan untuk kami. Tidak hanya dari sisi penjualan pakaian, dari kosmetik juga. Ada konsumen yang suka belanja online, ada juga yang langsung datang,” jelas dia.
Terkait hal tersebut, pihaknya tidak takut jika tergerus dengan portal belanja online. “Kalau orang yang beli dan langsung datang, mereka langsung mengetahui kualitas barang tersebut. Kalau melalui online, hanya tahu barang dari foto dan gambar. Dalam bersaing dengan online, kami menggeber promo diskon dan terus memberikan inovasi khusus,” tegas dia.
Sementara itu, MD Consignment Centerpoint, Tri Ayu Kartikasari, mengatakan pangsa pasar yang dimiliki oleh situs belanja online dengan retail konvensional cenderung berbeda. “Kalau online, mungkin lebih mengarah ke anak muda dan juga wanita karier yang lebih banyak menggunakan ponselnya. Sedangkan untuk beberapa orang yang kurang paham teknologi dan lebih sreg untuk belanja langsung sambil jalan-jalan, pasti langsung datang ke sini,” jelas dia.
Selain itu, situs belanja online juga lebih banyak menjual produk impor dan membutuhkan waktu lama mulai dari pemesanan hingga barangnya datang. “Sedangkan barang yang kami jual semuanya lokal, tidak perlu menunggu lama untuk segera menggunakan barang tersebut. Begitu tertarik, beli dan bisa langsung dipakai,” beber dia.
Untuk terus meningkatkan jumlah pengunjung dan alur transaksi, pihaknya sudah menyiapkan beberapa strategi khusus. “Caranya dengan sering mengadakan promo dan diskon secara bergantian ke beberapa barang yang kami jual, secara otomatis, pengunjung akan datang beramai-ramai ke sini dan melakukan transaksi. Selain itu, kami juga menggelar beberapa event,” pungkas dia.(tea/nda)