Support UKM, Equity Finance Ekspansi ke Malang


MALANG - Membantu perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM), PT Equity Finance Indonesia membuka kantor perwakilannya di Kota Malang, Senin (18/9). Bertempat di Kompleks Ruko Jalan Ade Irma Suryani, Equity Finance sekaligus meluncurkan produk Small Medium Enterprise (SME) dan Multipurpose Financing.
Sebelum di kota Malang, produk tersebut sebelumnya juga diluncurkan di cabang Kota Denpasar dan Bandung. Presiden Direktur PT Equity Finance Indonesia, Hartono Gandasutedja mengatakan, pihaknya menjadikan Kota Malang untuk ekspansi sekaligus sebagai tempat ketiga diluncurkannya produk tersebut karena memiliki banyak potensi sektor usaha.
“Kota Malang ini merupakan kota yang sedang tumbuh pariwisatanya. Secara otomatis, sektor industri kreatif juga banyak tumbuh. Oleh karena itu kami hadir untuk support dalam kebutuhan dana,” terang dia.
Hartono menuturkan, kedua program tersebut juga diharapkan mampu menyesuaikan dengan program pemerintah untuk memberikan alokasi dana untuk pembiayaan UKM atau UMKM sebesar 10 persen. “Kami akan memberikan pendampingan UKM agar kota Malang terus tumbuh. Secara keseluruhan, kami sudah mematok target Rp 660 miliar untuk kedua program tersebut dan realisasi dana yang sudah dikucurkan selama semester satu sekitar Rp 300 miliar,” jelas dia.
Sementara itu, GM Equity Finance Indonesia, Devin Ditya Anggada menjelaskan terkait kedua produk tersebut. SME merupakan produk yang dikhususkan untuk pembiayaan UKM. Seangkan Multipurpose Financing merupakan pembiayaan multiguna (renovasi rumah, pendidikan hingga pernikahan). “Untuk pembiayaan barang dan jasa tenor maksimal 10 tahun dengan bunga sebesar 0,3 persen per bulan hingga akhir tahun nanti,” jelas dia.
Untuk SME yang dikhususkan memperluas usaha, pihaknya memberikan pembiayaan untuk UKM mulai Rp 100 juta hingga Rp 1 miliar. Dalam hal ini, pihaknya menegaskan menggunakan prinsip kehati-hatian dalam memberikan pinjaman tersebut. “Debitur usahanya jelas, pencairannya hanya dua hari saja. kami juga ingin memberikan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana cara mengelola keuangan yang baik sehingga tujuan mereka untuk memperluas usaha juga bisa tercapai dengan tepat sasaran,” pungkas dia.(tea/nda)

Berita Terkait