Terpikat Pesona Tradisi Memancing Cakalang di Laut Maluku Utara

TERNATE – Hari ke-2 Eskpedisi Terios 7 Wonders bertajuk Wonderful Moluccas mengajak peserta merasakan sensasi memancing ikan Cakalang secara tradisional di Laut Maluku Utara. Sabtu (15/7) lalu, tim menuju pelabuhan pantai utara Ternate. Sebanyak 15 peserta ekspedisi baik dari jurnalis, blogger dan tim Daihatsu menggunakan empat unit Terios yang terdiri dari R Adventure Matic dan Manual sepanjang perjalanan sepanjang 5 Kilometer.

Sesampainya di pelabuhan, Sahabat Jurnalis disambut desiran ombak yang menjadi lonceng dimulainya petualangan Terios 7 Wonders “Wonderful Moluccas” di kawasan surga memancing di Laut Maluku Utara. Tradisi memancing Cakalang disini sudah berlangsung sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu.
Ada yang berbeda saat memancing di sini. Pemancing dibekali alat memancing tradisional yang terbuat dari bambu panjang. Memancing seperti ini dimaksudkan agar tidak merusak lingkungan sekaligus untukmenjaga kelestarian laut, ikan dan habitatnya.
Petualangan kali ini sangatlah spesial, yang membuatnya unik adalah tradisi memancing di Laut Maluku Utara. Sebelum memulai memancing ada ritual doa yang dilakukan terlebih dahulu. Cara memancingnya juga spesial, teknik tradisional, teknik Funaiya itu koordinasi yang rapi, duduk melingkar di anjungan kapal mengarah kelaut sembari menunggu ikan cakalang naik. Beberapa kru kapal yang ditugaskan terus menyebar umpan ikan puri agar ikan cakalang berkumpul. Beberapa menit kemudian tim langsung menarik ikan dengan bambu panjang.

Usai memancing cakalang, tim ekspedisi Terios 7 Wonders–Wonderful Moluccas, sorenya mulai menyeberang menuju Sofifi di Pulau Halmahera untuk beristirahat memulihkan tenaga guna menghadapi aktivitas esoknya.
“Kami mengucapkan selamat berpetualang kepada Sahabat jurnalis dan blogger. Semoga perjalanan Wonderful Mollucas mampu memberi kenangan tak terlupakan bagi peserta sekaligus membuktikan Terios sebagai Sahabat yang tepat di segala medan jalan. Kami berharap peserta dapat berbagi cerita tentang destinasi menarik ini kepada masyarakat agar lokasi ini semakin ramai dikunjungi wisatawan,” ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.
Terios 7 Wonders telah berlangsung enam kali. Yakni Sumatera Coffee Paradise (2012), Java Hidden Paradise (2013), Amazing Celebes Heritage (2014), Wild Borneo Adventure (2015), dan Tour de Flores (2016), hingga Terios 7 Wonders Wonderful Moluccas tahun 2017 ini. (nda)

Berita Terkait