KPP Pratama Malang Selatan Sobo Pasar Oro Oro Dowo


MALANG – KPP Pratama Malang Selatan, kembali menggelar kegiatan rutin Aksi Simpatik Pajak, Sobo Pasar, Selasa (26/9). Kali ini, pasar yang dibidik adalah Pasar Oro Oro Dowo. Pasar Oro Oro Dowo dipilih karena merupakan pasar percontohan tradisional modern dan merupakan denyut perekonomian yang bernaung di wilayah KPP Pratama Malang Selatan.
Kepala KPP Pratama Malang Selatan, Dwi Joko Kristanto mengatakan, agenda Sobo Pasar bertujuan menjaring wajib pajak baru serta menyempurnakan basis data wajib pajak yang sudah terdaftar di wilayah KPP Pratama Malang Selatan.
“Alangkah kerennya jika semua pedagang di Pasar Oro Oro Dowo sudah memiliki NPWP. Apalagi pasar ini merupakan pasar percontohan,” ujarnya.
Petugas Sobo Pasar terbagi menjadi tujuh tim yang menyebar di dalam pasar dan sepanjang Jalan Guntur. Selain mendata wajib pajak yang sudah memiliki NPWP, petugas Sobo Pasar juga mengarahkan pedagang dan masyarakat sekitar pasar yang belum ber-NPWP untuk membuat NPWP yang secara langsung difasilitasi melalui layanan mobil pajak keliling.
“Bagi pedagang yang ber-NPWP, dilakukan penempelan stiker barcode di kios atau bedak di mana stiker barcode ini berguna sebagai identifikasi dan pengawasan wajib pajak,” sambungnya.
Di sela sela kegiatan, petugas Sobo Pasar melakukan flash mob, membagikan brosur di sepanjang jalan, melakukan kampanye simpatik dan hiburan akustik ala KLASKUSTIK 623, band KPP Pratama Malang Selatan.
Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh petugas Sobo Pasar ini pun direspon positif oleh para pedagang. Sosialisasi yang fun ini membuat para pedagang menjadi antusias dan langsung mengajukan pembuatan NPWP di tempat. (tea/nda)