Pasar Murah Lebaran Sukses Cegah Inflasi

PASAR Murah Lebaran yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, 17-18 Juni lalu, sukses mencegah terjadinya inflasi.  Kegiatan yang digelar di Balai Desa Clumprit, Pagelaran ini, juga sekaligus memberikan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.
Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati (Wabup) Malang, Drs H M Sanusi, ditandai dengan peninjauan stand penjualan aneka kebutuhan bahan pokok. Dalam edisi kali ini, kegiatan yang diadakan rutin tiap tahun menjelang Lebaran tersebut, bekerjasama dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Malang.
Kepala Disperindag Kabupaten Malang, Drs Abdul Rachman Firdaus MSi mengatakan, bahwasanya keberadaan Pasar Murah Lebaran ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan bahan pokok. 
Apalagi pada menjelang Hari Raya Idul Fitri, beberapa harga jual sembako mengalami kenaikan. “Semua sembako dijual dengan harga terjangkau. Sehingga, masyarakat menjadi terbantu, lantaran dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga yang murah,” ujar Drs Abdul Rachman Firdaus Msi.
Dia menjelaskan, dalam kesempatan itu sembako dengan total 10 ton ludes terjual diborong masyarakat. “Keberadaan sembako dengan harga murah ini, supaya meringangkan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sembako akibat fluktuasi jeang Lebaran,” kata Pengki, sapaan akrabnya. 
Menurutnya, keberadaan Pasar Murah Lebaran ini juga mencegah terjadinya inflasi yang biasa terjadi menjelang Lebaran. Sedangkan pemicu inflasi yakni, paling besar terdapat di sektor pangan. Selain itu, Pasar Murah Lebaran ini juga sekaligus untuk mencegah para spekulan yang memainkan harga. 
“Berkat terselenggarakan Pasar Murah Lebaran ini, saat libur Lebaran tidak terjadi kenaikan harga jual sembako yang signfikan di Kabupaten Malang,” terangnya. Masih kata Pengki, terselenggarakanya kegiatan tersebut berkat kerjasama dari berbagai pihak, utamanya perusahaan BUMN maupun swasta. 
Sebut saja ada Bulog, PG Krebet Baru, PG Kebonagung, Superindo, Alfamart, Indomaret dan Hiswana Migas. “Tentunya kami memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh perusahaan yang memberikan kontoribusi dalam kesuksesan penyelenggaraan Pasar Murah Lebaran kali ini,” pungkasnya.  (big/mar)

Berita Terkait