Tak Pernah Sakit Hati

Menjalin hubungan baik dengan klien merupakan prioritas utama dalam melakukan hubungan kerja sama, baik itu partnership, sponsor, ataupun vendor. Kepuasan klien adalah penghargaan tertinggi. Prinsip tersebutlah yang selalu dipegang, Marketing Gets Hotel Malang, Afanda Dwi Putri.
Banyak cara yang dilakukan oleh Afanda untuk lebih mendekatkan diri dengan klien demi kelangsungan hubungan kerjasama ke depannya. Seperti mencari tahu penilaian apa yang mereka cari, apa yang menjadi perhatian utama mereka, serta apa yang mereka harapkan dari kerjasama yang sedang berlangsung dengan pihaknya.
Untuk membangun hubungan baik dengan klien, dirinya tak pernah malu untuk menanyakan apa yang sebenarnya mereka inginkan atau harapkan dari hubungan kerjasama tersebut. “Dengarkan mereka. Saya harus memahami bahwa setiap perkataan, kritik dan saran dari klien akan memberikan nilai positif bagi perusahaan,” tutur wanita yang hobi berenang ini.
Dia menambahkan, pujian yang diberikan oleh klien menunjukan kelebihan serta keunggulannya. Sedangkan komplain atau kritikan akan memberikan pemikiran dan ide baru bagi perusahaan yang berguna untuk melakukan tindakan perbaikan. 
“Keduanya sama-sama penting untuk kemajuan perusahaan ke depannya. Jadi saya tidak pernah sakit hati dengan kritikan, dan tidak pernah jumawa dengan pujian. Keduanya dapat membangun saya,” tambah Aremanita tersebut. (yun/nda)
 

Berita Terkait